Blog •  13/10/2021

Panen Raya Jagung, Bupati Gusnan Undang Wakil Ketua MPR dan Mentan

KOTA MANNA – Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi mengundang Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad dan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo untuk panen raya jagung pada November mendatang. Jagung merupakan salah satu tanaman menjadi komoditas andalan di Kabupaten Bengkulu Selatan.

Undangan panen raya jagung ini disampaikan bupati langsung saat melaksanakan kunjungan kerja menemui Wakil Ketua MPR RI beberapa waktu lalu. Sekaligus Membahas program pengembangan Bengkulu Selatan sebagai salah satu sentra produksi jagung. Kunjungan bupati ke Wakil Ketua MPR RI yang juga merupakan Ketua Dewan Jagung Nasional ini, adalah sebagai upaya dalam mendorong majunya sektor pertanian di Kabupaten BS khususnya untuk komoditi tanaman pangan dan holtikultura.

Bupati mengatakan bahwa jagung adalah salah satu komoditi di sektor pertanian yang mempunyai potensi besar untuk dapat dikembangkan di Bengkulu Selatan. Potensi besar ini disebabkan oleh semakin tingginya permintaan jagung dari sektor industri peternakan yang ada, baik skala lokal maupun nasional. Hal ini dapat memberikan angin segar bagi para petani jagung karena kemungkinan hasil panen akan terjual di pasaran dengan harga yang tinggi.

Hal itulah yang menjadi alasan bupati untuk mengedepankan pengembangan jagung sebagai komoditi andalan demi meningkatkan taraf ekonomi para petani jagung di Bengkulu Selatan. “Saat ini, BS adalah kabupaten penghasil jagung terbesar yang ada di Provinsi Bengkulu. Rata rata menanam 10.000 sampai dengan 15.000 Ha jagung setiap tahunnya, dengan capaian hasil panen rata-rata sebanyak 6 ton per hektare,” kata bupati.

Bupati mengundang Fadel Muhammad bersama dengan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo untuk melaksanakan panen raya jagung di Bengkulu Selatan. Dijadwalkan akan dilaksanakan pada minggu pertama November 2021. “Sejak jauh hari telah direncanakan untuk panen bersama ini. Kita berharap undangan ini bisa didatangi langsung oleh Bapak Fadel Muhammad dan Kakak Syahrul Yasin Limpo,” harap bupati.

Wakil Ketua MPR RI Bapak Fadel Muhammad mengatakan bahwa ia siap untuk menghadiri undangan tersebut. Berharap kunjungannya bersama Menteri Pertanian nanti akan memberikan dukungan dan kemajuan bidang pertanian di Bengkulu Selatan. Termasuk dengan pembangunan infrastruktur dalam rangka mendukung majunya perekonomian di Bengkulu Selatan.

“Bersama Menteri Pertanian kami akan berkunjung ke Bengkulu Selatan. Dalam Kunjungan ini meliputi tiga hal, yaitu pertama pengembangan pertanian jagung, kedua infrastruktur, dan ketiga kita ingin mengembangkan bidang pertanian lain untuk kemaslahatan rakyat Bengkulu,” papar Fadel dalam rilisnya.

Sumber: Rakyat Bengkulu