Blog •  21/07/2020

Pemupukan Berimbang Phonska Plus, Petro Nitrat dan ZK Petro, Menjadikan Pertumbuhan Jagung

Something went wrong. Please try again later...

Sumatera Barat, Infobanua.co.id – Meningkatkan hasil panen yang maksimal terus-menerus menjadi problematika petani jagung utamanya di Propinsi Sumatera Barat.

Petrokimia Gresik sebagai salah satu produsen pupuk terlengkap dalam hal ini memberikan solusinya.

Bersama Kadis Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Propinsi Sumatera Barat ( Ir. Candra, M.Si ) yang saat ini sudah digantikan oleh Pejabat barunya yaitu Ir. Syafrizal, Petrokimia Gresik menerapkan formula pemupukan jagung menggunakan pupuk Phonska Plus, Petro Nitrat dan ZK Petro ke lahan seluas ± 9 Ha di Desa Pasar Usang Kecamatan Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman.

Kunjungan ke lokasi tanam yang dilakukan oleh Ir. Candra, M.Si, Oyon Syafii (Ketua KTNA Sumbar), Eko Suryanto (Petrokimia) beserta timnya, petani lokasi (penggarap) pada hari Kamis 11 Juni 2020, sangat memberikan kesan positif oleh karena jagung di umur 2 bulan sejak tanggal tanam 13 April 2020, pertumbuhannya diatas rata-rata jagung di Sumatera Barat.

Penggunaan pupuk Phonska Plus (N15 P15 K15 S9 Zn2000ppm), Petro Nitrat (N16 P16 K16), ZK (S17 K50), Urea (N46), disertai Petrobio (hayati penyedia hara mikro), Kaya Bas (pengendali gulma) produksi PT Petrokimia Kayaku, Suhle (pengendali jamur), Sidatan (insek) produksi PT Petrosida Gresik, sangat cukup nutrisi untuk tanaman jagung.

“Pertumbuhannya sangat bagus, pupuk Petrokimia mantab” kata Wen petani penggarapnya.

“Saya berharap pola ini bisa diterapkan lagi untuk periode berikutnya nanti”, pernyataan Ir. Candra, M.Si yang ditimpali “iya” oleh Oyon Syafii Ketua KTNA.

Petrokimia Gresik (Group) di Sumatera Barat menerapkan pelayanan penyediaan sarana produksi pertanian yang lengkap sesuai yang dibutuhkan petani. Termasuk di dalamnya adalah pupuk organik, anorganik, hayati, insektisida, pestisida, herbisida, fungisida, dan lainnya. Dan segera tersedia di Sumatera Barat Pupuk Organik Cair (POC) yaitu PHONSKA OCA, penyedia hara Mikro esensial yang sangat dibutuhkan tanaman untuk mempercepat pertumbuhan, ramah lingkungan, sangat baik untuk tanaman pangan, hortikultura, palawija, perkebunan, dan tanpa residu.

Eko Suryanto berharap keberadaan Petrokimia Gresik di Sumatera Barat sebagai upaya nyata Solusi Agroindustri untuk mewujudkan pertanian yang berkelanjutan bagi petani Sumatera Barat, dengan menghadirkan produk lengkap Petrokimia Gresik (Group).

Sumber: Info Banua