Blog •  31/08/2020

Perdana, Petugas dan Warga Binaan Panen Jagung Program Pertanian Rutan Sambas

© TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
© TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SAMBAS - Petugas dan narapidana yang menjalani asimilasi kerja luar melakukan pemanenan jagung hasil pertanian pada Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Sambas.

Kegiatan panen jagung perdana ini merupakan hal yang pertama kali di lakukan di Rutan Sambas, mengingat program ketahanan pangan ini salah satu program unggulan Resolusi Pemasyarakatan tahun 2020.

Karutan Sambas Priyo Tri Laksono dalam kesempatan itu menyebutkan bahwasanya panen jagung ini yang pertama kali dilakukan di Rutan Sambas.

"Karena penanaman jagung ini sebagai salah satu progran ketahanan pangan yang sedang digalakan di Lapas/Rutan sehingga harus didorong untuk bisa memaksimalkan lahan yang ada," ujarnya, Minggu (30/8/2020).

Kata dia, dengan hasil yang cukup baik ini kata dia, dan dengan area lahan yang masih sedikit namun hasilnya lumayan bagus.

Sehingga akan memberikan motivasi untuk lebih memaksimalkan lahan yang ada.

"Lahan yang sudah dikelola masih relatif kecil, dan kita sudah siapkan dua lahan lagi yang letaknya tepat dibelakang Rutan dan diujung kebun sawit milik Rutan yang sekarang sudah ditanami bibit jagung, mudahan hasilnya akan lebih banyak dan baik lagi," ungkap Karutan Sambas, Priyo.

Karenanya, kata dia dengan program ketahanan pangan penanaman jagung ini akan bisa memberikan tambahan untuk PNPB ke negara.

"Sehingga target untuk tahun 2020 penyetoran PNPB dari Rutan Sambas bisa terpenuhi," tutupnya. 

Sumber: TRIBUNPONTIANAK