Blog •  14/12/2020

Personel Satgas Pamtas Bantu Petani Lookeu Tanam Jagung

© POS-KUPANG.COM/TENI JENAHAS
© POS-KUPANG.COM/TENI JENAHAS

POS-KUPANG.COM| ATAMBUA - Curah hujan mulai stabil, petani Desa Lookeu, Kecamatan Tasifeto Barat, Kabupaten Belu-NTT, Marcelius Moruk mulai menanam jagung di kebunnya, Sabtu (12/12/2020).

Marcelius dibantu beberapa personel Satgas Pamtas yang secara inisiatif datang ke kebun untuk menanam jagung. Mereka bergotong royong menanam jagung hingga selesai di lahan seluas belasan are.

Personel Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif RK 744/SYB Pos Lookeu yang membantu Marcelius yakni, Serda Fahrial Maamulu selaku Wadanpos bersama tiga orang anggota yaitu Pratu Septian Adi Permana, Pratu Risman Hidayat dan Pratu Caesar Lodji.

Hal ini disampaikan Dansatgas Yonif RK 744/SYB, Letkol (Inf) Alfat Denny Andrian kepada wartawan di Atambua, Minggu (13/12/2020). Menurut Dansatgas, pertengahan Desember 2020, curah hujan di wilayah Lookeu sudah stabil sehingga petani mulai menanam jagung salah satunya, Marcelius Moruk (45).

Marcelius memiliki kebun seluas hampir belasan are. Saat itu, ia ditemani istri menanam jagung di kebunnya. Melihat aktivitas berkebun, personel Pos Lookeu berinisiatif membantu dan atas perintah Danpos, beberapa personel turun ke kebun Marcelius.

"Melihat kesempatan yang bagus untuk bercocok tanam, Wadanpos Lookeu Serda Fahrial Maamulu bersama 3 orang anggota yaitu Pratu Septian Adi Permana, Pratu Risman Hidayat dan Pratu Caesar Lodji langsung ikut turun ke kebun untuk membantu Bapak Marcelius Moruk yang sedang menanam jagung", kata Dansatgas.

Menurut Dansatgas, di musim tanam seperti sekarang, TNI yang bertugas sebagai Satgas Pamtas RI-RDTL selalu hadir bersama petani untuk membantu dan juga mendukung petani dalam usaha bercocok tanam.

Personel TNI selain melaksanakan tugas pokok menjaga keutuhan wilayah NKRI di perbatasan RI-RDTL juga berperan untuk membantu masyarakat, terutama bidang pemberdayaan masyarakat.

Kehadiran TNI mesti bisa membangkitkan semangat motivasi bagi masyarakat setempat dalam melaksanakan rutinitasnya, baik sebagai petani, guru, pengusaha maupun profesi lainnya.

Pemilik kebun, Marcelius Moruk menyambut baik kehadiran TNI saat datang ke kebun untuk membantunya. Marcelius juga mempersilahkan beberapa prajurit TNI untuk menanam jagung di kebunnya secara bersama-sama.

Marcelius berterima kasih kepada personel Satgas Pamtas dari Pos Lookeu yang telah membantu menanam jagung bersamanya. Momen tersebut akan selalu dikenang oleh pemilik kebun. Semoga tetesan keringat bersama di kebun saat ini dapat memberikan hasil yang berlimpah pada musim panen nanti.

Sumber: POS-KUPANG