Blog •  30/03/2021

Pertanian di Paser Jadi Sektor Andalan, Prioritaskan Peningkatan Produksi Padi dan Jagung

© TRIBUNKALTIM.CO/SYAIFULLAH IBRAHIM
© TRIBUNKALTIM.CO/SYAIFULLAH IBRAHIM

TRIBUNKALTIM.CO, TANA PASER - Pemerintah Kabupaten Paser melalui Visi dan Misi Bupati dr. Fahmi Fadli dan Wakil Bupati Paser Hj. Syarifah Masitah Assegaf, akan menjadikan pertanian sebagai sektor andalan.

Hal itu diungkapkan Kepala Bidang (Kabid) Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Paser, Yusuf  saat ditemui di ruang kerjanya, Senin, (29/3/2021).

"Salah satu program prioritas saat ini yaitu menjadikan pertanian sebagai sektor andalan di Kabupaten Paser, dalam artian pertanian secara umum," katanya.

Terkhusus Bidang Tanaman Pangan lanjutnya, pihaknya telah mempersiapkan program-program yang menunjang Visi Misi Bupati dan Wakil Bupati Paser.

Yusuf menegaskan, ada 2 pokok kegiatan yang akan dilaksanakan di Bidang Tanaman Pangan, yaitu peningkatan produksi padi dan jagung.

"Tujuannya meningkatkan pruduksi untuk kemandirian pangan di Kabupaten Paser, dan juga berkontribusi mencukupi kebutuhan pangan Ibu Kota Negara nantinya," terangnya.

Menurutnya, Kabupaten Paser ini nantinya telah dipersiapkan dalam kawasan penyangga pangan IKN.

Ada beberapa komuditi yang saat ini ditugaskan pada Bidang Tanaman Pangan, beberapa diantaranya yaitu, padi, cabai dan bawang merah.

Untuk peningkatan produksi padi dan jagung, ada beberapa program yang akan dilaksanakan di tahun 2021 dengan 3 sumber anggaran.

"Pelaksanaannya itu bersumber dari APBN, APBD Provinsi, dan APBD Kabupaten, jadi ada 3 sumber anggaran," terangnya.

Dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupten lanjutnya, ada kegiatan pengembangan jagung.

"Dari APBD Kabupaten juga, kita ada kegiatan pembangunan lantai jemur 1 unit," tutupnya. 

Sumber: TRIBUNKALTIM