Blog •  18/09/2020

Petani Bawang Merah Humbahas Dilatih Tingkatkan Produktivitas

Medanbisniadaily.com - Doloksanggul. Petani bawang merah di Desa Matiti II, Kecamatan Doloksanggul, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatra Utara, Selasa (08/09/2020), dilatih untuk meningkatkan produktivitas pertanaman bawang merah. Adalah Yayasan Mercys Corps Indonesia bekerjasama dengan PT WES (Panah Merah), Singenta dan Jimmy Hantu & Corps yang melatih para petani bawang merah tersebut.

Distric Coordinator Area Sumatra Utara Yayasan Mercys Corps, Hendrik Sitanggang, mengatakan, pihaknya fokus untuk meningkatkan kapasitas kelompok tani (keorganisasian dan administrasi), dimana kelompok tani sebagai wadah belajar bersama, harus tangguh dan mandiri untuk meningkatkan pendapatan petani.

Selain melalui usaha kelompok tani, salah satunya dilakukan melalui GAP (Good Agriculture Practices) tanaman sesuai kebutuhan petani. Pelatihan petani kata Hendrik, akan memberikan berkontribusi positif untuk memacu peningkatan produktivitas pertanian.

Selain dengan Pemerintah, kelompok tani juga dihubungkan dengan mitra (perusahaan) agar jejaring petani semakin tinggi dan semakin terdorong meningkatkan produktivitasnya. Dengan pelatihan itu, diharapkannya kelompok tani semakin bersemangat dan kelak menjadi kelompok tani mandiri.

Sementara itu, Camat Doloksanggul, Kartini Sinambela, melalui Sekretaris Kecamatan, Serepina Purba, mengatakan sangat mengapresiasi pelatihan petani bawang merah tersebut.

"Pelatihan terhadap petani terbukti bisa meningkatkan pengetahuan, mempengaruhi sikap, dan memotivasi untuk berpartisipasi dalam kelompoknya. Kemudian menerapkan materi yang diperoleh," ujarnya.

Sumber: Medanbisniadaily