Blog •  06/11/2020

Petani Delomil-Belu Mulai Tanam Jagung

© POS-KUPANG.COM/TENI JENAHAS
© POS-KUPANG.COM/TENI JENAHAS

POS-KUPANG.COM | ATAMBUA - Para petani di Desa Lamaksenulu, Kecamatan Lamaknen, Kabupaten Belu mulai menanam jagung di musim pertama tahun 2020. Penanaman jagung ini mengingat intensitas hujan di daerah tersebut mulai stabil.

Petani di Dusun Dilagusun, Desa Lamaksenulu, Juliana Mau mulai menanam jagung, Selasa (03/11/2020). Penanaman jagung di kebun Juliana ini dibantu personel Pos Delomil.

Hal ini disampaikan Dansatgas Yonif RK 744/SYB, Letkol (Inf) Alfat Denny Andrian kepada wartawan di Atambua, Rabu (5/11/2020).

Menurut Alfat, petani di wilayah perbatasan khususnya di wilayah binaan Pos Delomil sudah mulai menanam jagung setelah curah huja di wilayah itu mulai stabil. Selain menanam jagung, petani juga menanam kacang-kacangan dan sayuran.

Para personel Pos Delomil mendukung para petani setempat dalam menyambut musim hujan tahun ini. Dukungan yang diberikan TNI adalah tenaga dan pikiran-pikiran yang memotivasi petani dalam menekuni usaha pertanian.

Sejumlah personel Pos Delomil turun ke kebun bersama pemilik kebun untuk menanam jagung secara bersama-sama.

Kehadiran TNI saat itu, kata Alfat sebagai wujud dukungan kepada petani agar mereka tekun bertani supaya meningkatkan kesejahteraan hidup rumah tangga. Selain itu, kegiatan seperti ini merupakan bagian dari komunikasi sosial TNI dengan masyarakat di perbatasan sehingga terwujudnya kemanunggalan TNI dan rakyat.

"TNI yang bertugas di daerah perbatasan tidak hanya menjaga wilayah perbatasan tetapi juga berinteraksi dengan masyarakat dan ikut membantu masyarakat dalam mengatasi segala kesulitan", kata Dansatgas.

Terpisah, Danpos Letda (Inf) Iksan menambahkan, saat ini curah hujan di wilayah tersebut mulai stabil sehingga para petani mulai menanam jagung sebagai komoditi andalan.

Mengingat aktivitas petani mulai tinggi untuk berkebun, Pos Delomil menugaskan sejumlah personel untuk turun ke kebun masyarakat guna membantu petani sekaligus memberikan dorongan kepada petani agar tetap tegar menjalani usaha pertanian.

"Dalam kegiatan bertani tersebut, personil Pos Delomil ada sebanyak tujuh orang ikut bersama petani untuk menaman jagung di kebun dan kegiatan tersebut dipimpin oleh Serda Arifudin selaku Wadanpos Delomil", kata Danpos Delomil.

Pemilik kebun, Juliana Mau menyampaikan terima kasih kepada personil satgas di Pos Delomil yang sudah membantu menanam jagung di kebunnya serta dukungan motivasi dan pikiran-pikiran positif dari TNI.

Sumber: POS-KUPANG