Blog •  22/09/2020

Petani Desa Lanjut di Lingga Panen Padi, Hasilnya Memuaskan

Something went wrong. Please try again later...

Lingga - Petani sawah Desa Lanjut, Kecamatan Singkep Pesisir, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau, kembali melakukan panen padi yang ke-4 kalinya, Kamis (27/8/2020).

Kepala Bidang (Kabid) Pertanian di Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Lingga, Hernowo Andriantoro mengatakan, ada sekitar 2 hektare (ha) lahan sawah yang dipanen dengan perkiraan menghasilkan 4,5-4,8 ton gabah per hektare. 

"Padi yang dipanen kali ini tidak untuk dijadikan beras, melainkan akan dijadikan benih untuk penanaman kembali," kata dia di lokasi persawahan, Kamis (27/8/2020). 

Hernowo menjelaskan, adapun bibit padi yang dipanen kali ini menggunakan varietas Impago 8 atau Gogo dan menggunakan pola tanam jajar legowo 2:1 (dua banding satu). 

"Ada kenaikan yang signifikan terhadap panen kali ini, dimana pada panen ketiga dulu hasil panennya sekitar 3,8 ton per hektarenya, namun sekarang mencapai 4,8 ton per hektarenya," ujarnya. 

Ia yakin, dengan hasil panen yang semakin positif, masyarakat akan semakin bersemangat untuk melakukan penanaman terutama pada lahan-lahan yang belum ditanami.

Sementara itu, Wakil Bupati Lingga, Muhammad Nizar yang ikut dalam panen tersebut mengapresiasi semangat para petani dan pemerintah Desa Lanjut dalam mengelola lahan sawah tersebut. 

“Alhamdulillah hasilnya kali ini sangat baik dan ada kenaikan yang sangat signifikan. Ini membuktikan bahwa kita mampu untuk mengolah persawahan kita," sebut Nizar. 

Selain Wabup Lingga, hadir pada panen tersebut, Ketua Komisi III DPRD Lingga, Neko Wesha Pawelloy, Kabid Pertanian di Dinas Pertanian Provinsi Kepri, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Lingga, Camat Singkep Pesisir, Kades Lanjut, Penyuluh Pertanian serta masyarakat petani Desa Lanjut.

Sumber: Kumparan