Blog •  23/08/2021

Petani Majalengka Mencoba Kembangkan Padi Merah

ZONA PRIANGAN - Petani di Desa Jatiwangi, Kecamatan Jatiwangi, Kabupaten Majalengka lakukan panen raya padi merah yang dikenal pulen, bersama dengan anggota Komisi IV DPRRI dan Kementrian Pertanian.

Padi tersebut hasil penelitian balitbang yang akan terus dikembangkan karena memiliki nutrisi yang lebih baik dan nilai ekonomi lebih tinggi, Minggu 22 Agustus 2021.

Anggota Komisi IV DPRRI Sutrisno didampingi Petugas Badan Penelitian dan Pengembangan Bibit Unggul Yudi Sastro mengatakan, padi merah yang ditanam petani tersebut adalah uji coba tanaman padi baru hasil peneilian Balitbang yang diberi nama bibit unggul pamera (padi merah). Jenis padi pamera ini dianggap cocok untuk dikembangkan para petani di Majalengka.

“Bibitnya unggul dan varietas ini diharapkan bisa meningkatkan produksi ekonomi pertanian sektor beras merah. Konsumen beras merah kini semakin meningkat dan harganya melebihi harga beras varietas biasa atau beras putih.” ungkap Sutrisno.

Menurut Sutrisno berdasarkan keterangan dari Balitbang, bibit unggul beras merah ini merupakan salah satu binbit varian baru dari 11 bibit padi unggul lainnya dari hasil penelitian, yang akan dikembangkan di petani termasuk petani di Majalengka.

“Ada beberapa pengembangan varietas padi di Majalengka, sebagian uji coba namun tetap dari bibit unggul hasil penelitian, lainnya adalah pengembangan untuk bibit yang sudah diuji coba petani di Jatiwangi juga yang lahannya akan diperluas,” ungkap Sutrisno.

Yudi Sastro mengatakan, panen raya bibit unggul palmera ini untuk pertama kalinya dilakukan, dan diharapkan bisa dikembangkan oleh para petani di Kabupaten Majalengka karena nilai ekonominya cukup tinggi. Beras merah banyak diburu konsumen kelas menengah ke atas ketika hasil olahannya bagus.

Sumber: ZONA PRIANGAN