Blog •  17/04/2020

Petani di Limboto Barat Dapat Bantuan Benih Padi dan Jagung

Something went wrong. Please try again later...

GOPOS.ID, GORONTALO – Pemerintah Provinsi Gorontalo terus mengintervensi petani dengan dengan bantuan benih padi dan jagung. Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Gubernur Gorontalo Rusli Habibie kepada petani di Desa Tunggulo, Kecamatan Limboto Barat, Kabupaten Gorontalo, Kamis (16/4/2020).

Hal ini dimaksudkan agar petani tetap produktif meski di tengah wabah virus corona.

Gubernur Rusli tidak lupa untuk menyemangati para petani agar tetap bercocok tanam. Selain untuk kesejahteraan petani juga untuk ketersediaan pangan di daerah.

“Hari ini saya berada di sini memberikan semangat kepada para petani dan ibu bapak untuk menghadapi virus corona ini. Kita tetap waspada, ikuti semua imbauan pemerintah tapi tetap menjalankan fungsi sebagai petani,” ucap Rusli.

Bantuan di kecamatan Limboto Barat terdiri dari benih padi sebanyak 25.500kg untuk luas tanam 1.020 hektare. Sedangkan benih jagung sebanyak 7.530 kg untuk lahan 250 hektare.

Untuk bantuan benih padi di Kabupaten Gorontalo sendiri totalnya ada 321.450 kg untuk luas tanam 12.858 hektare. Bantuan jagung sebanyak 180.000 kg untuk luas 12.000 hektare.

Gubernur Rusli mengingatkan petani untuk mengikuti asuransi pertanian yang sudah disediakan pemerintah. Satu hektare sawah diasuransikan sebesar Rp36 ribu pertahun, ternak per ekor diasuransikan Rp40 ribu pertahun.

“Saya anjurkan masuk asuransi. Ketiga gagal, ada hama ada banjir dibayar Rp6 juta. Untuk ternak dibayar Rp10 juta,”pungkasnya.

Sumber : GOPOS