Blog •  13/09/2021

Poktan Milenial UMMU Ternate Panen Puluhan Ribu Jagung

TERNATE, OT - Kapolres Ternate, AKBP Aditya Laksimada didampingi Kadis Pertanian Kota Ternate, Thamrin Marsaoly, Senin (13/9/2021) melakukan panen perdana jagung manis di Kelurahan Sasa yang sebelumnya telah ditetapkan sebagai Kampung Tangguh.

Panen jagung manis, Kampung Tangguh Kelurahan Sasa oleh Kapolres Ternate dan Dinas Pertanian Kota Ternate, pada lahan yang digarap Kelompok Tani (Poktan) Agribisnis Milenial UMMU tahun 2021

Kepala Dinas Pertanian (Kadistan) Kota Ternate, Thamrin Marsaoly mengatakan, Poktan Agribisnis Milenial UMMU Ternate, merupakan mahasiswa Universitas Muhamadiyah Maluku Utara (UMMU) dibawah binaan Dinas Pertanian Kota Ternate.

Kata dia, Poktan Milenial UMMU menggarao lahan seluas kurang lebih 1 Ha, "atas inisiasi pak Kapolda dan Kapolres, lahan ini kemudian digarap oleh Poktan Milenial.UMMU dengan menanam kurang lebih 20 ribu pohon," kata Thamrin

Dia mengatakan, pasar jagung di Ternate sangat jelas, sebab banyak pedagang kulimer yang juga menjual jagung, "sudah pasti pasar jelas, kalau.dikalkulasikan jumlah jagung dengan harga pasar yang ada saat ini, paling tidak adik-adik mahasiswa ini dapat Rp, 20 hingga Rp, 40 juta setelah panen.

Thamrin atas nama Pemerintah Kota (Pemkot) Teenate memberi apresiasi kepada Poktan Milenial UMMU yang telah sukses.memanen jagung pada penanaman perdana, "kami juga mengapresiasi Poktan Milenial, teman-teman Prodi Fakultas Pertanian UMMU yang menaupport dan ikut mendukung program pemerintah dan Polri dalam membentuk Kampung Tangguh di Sasa.

Kapolres Ternate, AKBP Aditya Laksimada memberi apresiasi kepada Poktan Milenial UMMU Ternate yang melakukan panen perdana jagung manis.

Dia juga memberikan motivasi dan dorongan kepada Poktan Milenial UMMU Ternate yang ikut mendukung program Polri membentuk Kampung Tangguh di Ternate khususnya di Kelurahan Sasa.

Kapolres berharap, aktifitas menanam Poktan Milenial UMMU tetap berlanjut dengan jenis tamanan lainnya, "ini keren, saya support adik-adik mahasiswa, saya kagum dengan hasil panen hari ini," ungkap Kapolres.

Sementara itu, Ketua Poktan Agribisnis Milenial UMMU, Divan Lakumisi menyampaikan apresiasi, penghargaan dan ucapan terima kasih kepada jajaran Polda Maluku Utara, khususnya Polres Ternate dan Distan Kota Ternate yang telahensupport Poktan Milenial UMMU dalam menggarap lahan di Sasa.

"Setelah kita panen jagung, kita berencana akan menanam cabai dan hasil pertanian laimnya," tutup Divan.

Sumber: Indotimur