Blog •  30/12/2020

Polsek Rangsang Barat Panen Raya Padi Program Jaga Kampung

SELATPANJANG - Polsek Rangsang Barat melaksanakan panen raya padi  program jaga kampung dalam mewujudkan program Kapolda Riau Irjen Agung Setya Imam Effendi  untuk menjaga ketahanan pangan bagi masyarakat, Selasa (29/12/2020).

Tujuan pencanangan jaga kampung ini yaitu agar kuat kampungnya, sehat masyarakatnya dan cukup pangannya selama pandemi Covid-19.

Selain Kapolsek Rangsang Barat, Iptu JA Lubis SH MH, acara panen padi yang merupakan binaan pihaknya itu juga  dihadiri Camat Rangsang Barat, Juwita Ratna Sari S Farm Apt, Kepala Desa Segomeng, Ahmad Saleh, Kepala Desa Bina Maju, Zahari, para kelompok tani dan masyarakat setempat.

Kapolsek Rangsang Barat, Iptu JA Lubis SH MH dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada para instansi terkait yang hadir  dan berpartisipasi dalam program tersebut.

Dia mengatakan Padi yang ditanam merupakan hasil olah lahan kosong dalam rangka tetap produktif di masa pandemi Covid-19.

Dimana hasil panennya tak hanya dikonsumsi sendiri tapi bisa juga dijual untuk menambah pendapatan masyarakat. Perputaran uang ini diharap menggerakkan roda ekonomi tingkat bawah.

Dia menyebutkan, pihaknya bersama Poktan menggarap dan merealisasi program 'Jaga Kampung Nusantara'  yang merupakan program Polda Riau.

"Program pimpinan direalisasikan dalam upaya mengatasi kerawanan pangan di tengah covid 19 dengan memanfaatkan lahan kosong. Walaupun hujan tidak jadi penghalang untuk kita dalam pelaksanaan kegiatan panen raya padi program jaga kampung Polsek Rangsang Barat. Kita berharap dengan dilakukannya panen raya ini kedepan kita dapat menjadi kampung yang tanggung dapat memenuhi kebutuhan pangan khususnya daerah Rangsang Barat ini," harapnya.

Dijelaskan kapolsek, adapun luas lahan panen raya padi program jaga kampung Polsek Rangsang Barat yakni seluas sekitar 1 hektar dengan jumlah gabah padi yang akan dipanen sekira 3,3 Ton.

Kemudian, adapun maksud dari program tersebut, beber kapolsek, dapat  memberikan gambaran tentang upaya Polsek Rangsang Barat untuk memperdayakan potensi masyarakat dalam rangka menjaga stabilitas ketahanan pangan.

"Tujuan dari program jaga kampung ini merupakan gerakan yang datang dari kita semua agar kedepan menjadi kampung yang kuat dan dapat memenuhi kebutuhan pangan  dengan memperdayakan lahan dan potensi masyarakat.

Sementara itu, Camat Rangsang Barat, Juwita Ratna Sari S Farm Apt mengapresiasi Kapolsek Rangsang Barat yang telah mewujudkan program tersebut di Kecamatan Rangsang Barat untuk menjaga ketahanan pangan bagi masyarakat setempat.

"Semoga dengan ketahanan pangan melalui program jaga kampung yang digagas oleh Polsek Rangsang Barat ini dapat berkelanjutan nantinya demi ketahanan pangan masyarakat kita khususnya di Rangsang Barat ini," ungkapnya.

Sumber: GoRiau