Blog •  01/12/2021

Presiden Joko Widodo Tanam Jagung di Jeneponto, Pakai Corn Planter dan Traktor

Something went wrong. Please try again later...
© terkini.id/Syarief
© terkini.id/Syarief

Terkini.id, Jeneponto – Usai meresmikan bendungan Kareloe di Gowa, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo melanjutkan kunjungannya ke Kelurahan Tolo, Kecamatan Binamu, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan,  Selasa, 23 November 2021.  Presiden Joko Widodo berkunjung ke Jeneponto untuk melakukan penanaman jagung kuning bersama sejumlah petani dengan menggunakan alat tanam jagung corn planter. Dari pantauan terkini.id, Presiden Joko Widodo Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi juga mengendarai handtraktor untuk menanam benih jagung.

Presiden tiba di lokasi sekitar pukul 13.38 Wita didampingi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan disambut Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Sesuai pantauan terkini.id, Presiden Joko Widodo terlihat mendorong alat tanam jagung corn planter dan diikuti oleh para petani secara serentak. 

Usai menanam jagung dengan memakai corn planter, Presiden langsung mendekati handtraktor yang terparkir di lokasi dan mengendarai traktor. “Tadi kan kita melakukan penanaman dengan planter untuk khusus jagung, tadi saya juga mencoba untuk penanaman dengan traktor yang di belakangnya ada planternya,” Kata  Presiden Joko Widodo. Presiden mengaku baru menanam jagung dengan handtraktor,” Saya juga baru, hari ini saya bisa pegang traktor dan juga sangat mudah sekali.

Saya tadi diajari sebentar oleh Pak Menteri Pertanian,” ujar Presiden selepas menjajal traktor. Kepala Negara memandang, pemanfaatan alat mekanis pertanian seperti traktor dibutuhkan jika lahan garapan para petani sangat luas. “Dua-duanya baik, tetapi kalau dalam hamparan yang sangat luas memang yang paling cepat adalah memakai traktor, cepat sekali. Saya kira mekanisasi seperti ini juga perlu dikenalkan kepada seluruh petani agar penggunaan alat-alat semiberat seperti ini bisa juga dilakukan,” tutup Joko Widodo.

Sumber: Terkini