Blog •  17/08/2021

Produksi Padi Aceh Timur Capai 101 Ribu Ton per Tahun

© EPA-EFE/HOTLI SIMANJUNTAK
© EPA-EFE/HOTLI SIMANJUNTAK

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH -- Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Timur menyatakan, produksi padi di wilayah itu mencapai 101 ribu ton per tahun dengan total luas sawah 19.453 hektare. Produktivitas rata-rata sawah di Aceh Timur mencapai 5,2 ton per hektare, sedangkan penanaman dilakukan dua kali setahun.

Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Aceh Timur, Herawati mengatakan, pihaknya sedang mengupayakan agar petani mau menanam padi tiga kali dalam setahun. "Hal itu akan berdampak pada peningkatan produksi padi petani sehingga petani sejahtera," kata dia, Senin (16/8).

Herawati mengatakan, pihaknya sedang berupaya meningkatkan produktivitas padi dengan menggalakan penanaman padi pola tanam dengan indeks pertanaman (IP) 300. Dengan pola tanam IP 300 ini, dapat menaikkan produktivitas menjadi tujuh 7 ton per musim tanam.

Pola tersebut saat ini sedang dicoba di Kecamatan Peureulak. "Tahun depan, juga akan coba lagi pola tanam IP 300 di kecamatan lain. Jika ini berhasil, musim tanam bisa dilakukan tiga kali setahun. Tujuan menerapkan pola ini agar produktivitas ditingkatkan," kata dia.

Sumber: REPUBLIKA