Blog •  29/12/2020

Produksi Padi di Belitung Capai 2.233 Ton

© Foto: ANTARA FOTO/Destyan Sujarwoko
© Foto: ANTARA FOTO/Destyan Sujarwoko

REPUBLIKA.CO.ID, BELITUNG -- Produksi padi hasil panen petani di Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) untuk musim panen 2020 berhasil mencapai 2.233 ton gabah kering giling.

Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Belitung Tenny Meireni di Tanjung Pandan, Senin (28/12), mengatakan, produksi padi itu didapatkan dari lahan sawah 761 hektar tersebar disejumlah wilayah kecamatan. "Sedangkan masa tanamnya dua sampai tiga kali setahun," katanya.

Dia mengatakan, jumlah produksi padi tersebut meningkat dibandingkan tahun 2019 yang hanya mampu 1.500 ton gabah kering giling. "Meningkatnya produksi panen padi tahun ini karena didukung peningkatan kualitas petani serta dukungan musim sehingga pasokan air tercukupi," katanya.

Hanya saja, meskipun jumlah produksi panen tahun ini mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya, namun belum tercapai target yang ditetapkan sebanyak 2.605 ton. "Tidak tercapainya target produksi panen karena masih terdapat area sawah yang belum digarap semua oleh petani dan diharapkan areal sawah yang tersedia tahun depan dapat dimaksimalkan semuanya," ujar Tenny.

Menurut dia, produksi panen padi tahun 2021 ditargetkan mencapai 2.723 ton gabah kering giling dengan luas lahan sawah 1.100 hektar.

"Untuk mencapai target produksi panen padi 2021, kami telah menyiapkan bantuan benih padi unggul untuk petani termasuk mendorong motivasi bersemangat menanam padi baik di sawah mau pun padi ladang," katanya.

Sumber: REPUBLIKA