Blog •  20/07/2021

Pulihkan Ekonomi Petani, Pemkab Toba Bagikan Bibit Jagung

© tumbur tumanggor
© tumbur tumanggor

Medanbisnisdaily.com - Narumonda. Pemerintah Kabupaten Toba menjalankan misi pemulihan ekonomi dimasa pandemi virus covid-19 di kalangan petani untuk menjadikan lahan persawahan seusai masa panen dilanjutkan menjadi lahan pertanaman komoditi jagung.

Kades Siantar Narumonda VI, Sahat Marpaung menyampaikan kesempatan yang diberikan oleh pemerintah untuk memanfaatkan bibit jagung berkualitas supaya ditekuni serius dan berproduksi

Plt Kepala Dinas Pertanian, Jerry Silaen dalam laporannya mengatakan program dilaksanakan untuk mewujudkan Kabupaten Toba Unggul dan Bersinar memberdayakan masyarakat petani sehingga pendapatan meningkat.

Target luas lahan yang akan ditanaman seluas 3000 hektare dihadiri Poktan Saroha dan Poktan Wanita Petani

Bupati Toba, Ir Poltak Sitorus dalam arahannya mengatakan bahwa program yang dijalankan adalah mendukung program ketahanan pangan yang harus diperhatikan untuk peningkatan ekonomi.

"Setiap panen luas lahan yang menganggur ada sebanyak 13.078 hektar. Bagaimana masa menganggur setelah musim panen lahan tetap berproduksi kesempatan itu yang kita berdayakan sehingga bernilai tambah," katanya menyebut sudah masa panen nanti akan beredar uang sebanyak Rp 300 miliar di kalangan petani dari hasil pertanaman jagung.

Ditambahkan oleh Bupati, kepada masyarakat petani supaya tidak ragu menggunakan bibit yang disediakan pemerintah karena mendatangakan bibit yang berkualitas tinggi.

"Kepada masyarakat dan aparat hukum supaya tetap melakukan pengawasan jangan sampai ada bibit yang palsu," ucapnya.

Ditambahkan oleh Bupati Poltak Sitorus supaya secara bersama-sama bisa berjuang sehingga seluruh program terlaksana sesuai rencana tepat waktu dan tepat sasaran.

"Seluruh pelaksanaan harus dipastikan mulai pengelolaan dan pengendalian hama supaya tetap sedia paling lama 3 jam harus tiba di lapangan ketika ada laporan. Kepada pengecer atau kios pupuk supaya mendukung penuh kebutuhan petani," harapnya.

Hadir dalam kegiatan penanaman jagung perdana untuk peningkatan indeks pertanaman lahan persawahan dengan komoditi jagung Tahun Anggaran(TA) 2021 selain diikuti masyarakat petani juga hadir Wabup Tonny Simanjuntak, Sekda Audhi Murphy Sitorus, Asisten II Sahat Manullang, Kadis Ketapang Marsarasi Simanjuntak, Camat Narumonda, Kabag Pembangunan Sesmon Butarbutar, Prases HKBP Pdt Pasaribu serta Satgas Covid-19.

Sumber: Medanbisnisdaily