Blog •  03/07/2020

Puluhan Ha Sawah Padi di Kertosari Purwosari Gagal Panen

PURWOSARI, Radar Bromo – Sejumlah petani di Desa Kertosari, Kecamatan Purwosari, tengah resah. Sebab, puluhan hektare sawah padi mereka gagal panen akibat diserang penyakit.

Kejadian itu berlangsung sekitar sebulan terakhir. “Tanaman padi milik para petani di desa kami diserang penyakit. Sudah sebulan terakhir ini. Tanamannya kering dan menguning, sehingga gagal panen,” kata Kades Kertosari Abdul Rokhim.

Kades menuturkan, areal persawahan tanaman padi yang ada di desanya memiliki luas ratusan hektare. Sementara yang terserang penyakit, jumlahnya hanya puluhan hektare saja.

Meski begitu, kondisi tersebut dikhawatirkan akan meluas ke tanaman padi lainnya. Mengingat, kejadian serupa kerap terjadi tiap tahun. Biasanya, saat masuk musim tanam yang kedua.

“Nyerangnya bervariatif. Ada yang mau panen dan juga ada yang baru saja tanam. Kami berharap instansi terkait turun ke lapangan, membantu para petani mencari solusi untuk mengatasinya,” terang kades.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pasuruan Yetti Purwaningsih mengaku sudah mendapat kabar itu. Dari pengamatan sekilas, diduga padi para petani terserang penyakit tungro.

Rencananya, Dinas Pertanian bakal menerjunkan tim ke lapangan untuk melihat kondisi itu. “Kami akan menurunkan tim pemberantasan hama penyakit. Selain itu, juga ada bantuan obat. Saat ini biar dideteksi dan disurvei dahulu. Setelah itu, ditangani untuk tindak lanjutnya,” terang Yetti.

Sumber: Radar Bromo