Blog •  17/07/2020

Samadua Aceh Selatan Mulai Panen Padi, 2 Kali Setahun, Ke Depan Targetnya 5 Kali dalam Dua Tahun

SERAMBINEWS.COM, TAPAKTUAN - Kejenuhan dan kecemasan masyarakat selama masa pandemi covid-19 di Kecamatan Samadua, Kabupaten Aceh Selatan, kini sedikit terobati.

Pasalnya padi di sawah yang selama ini ditunggu-tunggu, kini sudah mulai menguning. Di beberapa tempat bahkan sudah ada yang panen.

Camat Samadua, Suhaimi Salihin, SAg beserta unsur Muspika lainnya, Kapolsek dan Danramil selama ini bersinergi mengajak masyarakat mengolah sawah yang selama ini terbengkalai.

Alhasil, kegigihan Suhaimi sejak menjadi Camat Samadua menggalakkan pertanian, khususnya menanam padi, kini sudah tampak membuahkan hasil.

"Hal ini tak luput dari dukungan pihak terkait, Koramil, Polsek, BPP dan Mantri Tani, serta dukungan dari IKS (Ikatan Keucik Samadua) yang selaras bersinergi mengimbau masyarakat agar menanam padi di sawah.

Kini Kecamatan Samadua bisa sama dengan kecamatan lain yang menanam padi setahun dua kali," kata Camat Suhaimi Salihin kepada Serambinews.com, Selasa (14/7/2020).

Menurut Camat Suhaimi, sekarang Samadua sudah bisa panen padi dua kali dalam setahun.

"Ini kita sudah sangat bersyukur daripada mereka tidak menanam padi samasekali, seperti kita ketahui beberapa tahun terakhir masyarakat Samadua tidak mau mengolah sawah karena berbagai alasan.

Namun itu dulu, sekarang masyarakat sudah menyadari betapa pentingnya menanam padi, sehingga mereka  semangat mengolah sawahnya, bahkan sekarang sudah bisa dua kali dalam setahun," tutur Camat Samadua.

Lebih lanjut Camat Samadua, Suhaimi Salihin SAg, mengungkapkan harapan ke depan Samadua bisa menanam padi lima kali dalam dua tahun.

Hal ini sejalan dengan harapan Pemkab Aceh Selatan agar wilayah ini bisa menjadi salah satu wilayah lumbung Pangan Provinsi Aceh.

"Paling tidak kita Samadua bisa menjadi pilot project bagi kecamatan lain di Aceh Selatan.

Kita semua berharap niat baik dan cita-citanya mulia ini segera dapat tercapai hendaknya.

Saya juga mengharapkan dukungan, kerja sama dari semua pihak terkait, karena masalah pangan ini adalah kebutuhan kita semua," pungkasnya.

Sumber: SERAMBINEWS