Blog •  25/11/2020

Sarkawi Galakkan Gerakan Tanam Jagung Hibrida

© For Serambinews.com
© For Serambinews.com

REDELONG - Pemerintah Kabupaten Bener Meriah bersama unsur forkopimda dan forkopimda plus melakukan gerakan tanam jagung hibrida sekaligus penyerahan bantuan alat-alat pertanian kepada masyarakat di Kampung Tembolon, Kecamatan Syiah Utama, Rabu (18/11/2020).

Hadir dalam acara itu diantaranya, Bupati Bener Meriah Tgk H Sarkawi, Wakil Ketua I DPRK Bener Meriah Tgk Husnul Ilmi SSy, Dandim 0119/BM Letkol Inf Valian Tatyunis, Wakapolres Bener Meriah Kompol Maryono, Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Ir Nurisman, dan Kabag Humas dan Protokol Hasyimi IB SKM MKes, para penyuluh, reje, mukim, serta tokoh masyarakat, dan unsur terkait lainnya.

Bupati Sarkawi menyampaikan, kegiatan menanam jagung hibrida dan penyerahan alat-alat pertanian ini sebagai bentuk sinergitas program pemerintah dengan kelompok tani yang ada di Bener Meriah, khususnya di Kampung Tembolon.

“Ini memotivasi masyarakat agar bantuan pemerintah dapat bermanfaat, tentu dengan bimbingan dan arahan penyuluh, karena mereka merupakan ujung tombak di lapangan,” ujar Bupati.

Bupati juga mengucapkan terima kasih kepada kelompok tani di Kecamatan Syiah Utama yang sudah mengolah lahan dengan luas kurang lebih 70 hektare. Pemerintah melalui Dinas Pertanian  telah membantu bibit jagung hibrida, dengan harapan bisa memotivasi untuk meningkatkan produktivitas tanaman, khususnya jagung.

Bupati Sarkawi sangat mengharapkan, gerakan tanam bersama jagung hibrida ini menjadi terobosan dan mampu memberikan kontribusi dalam rangka mendukung serta mewujudkan ketahanan pangan nasional khususnya di Kabupaten Bener Meriah.

"Hari ini kita mulai gerakan menanam jagung hibrida di Tembolon, besok atau lusa gerakan yang sama juga akan dilakukan di kampung lainnya. Ini merupakan langkah awal yang bagus dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan nasional khususnya di Bener Meriah, apalagi dampak Pandemi Covid-19 saat ini ekonomi melambat. Jadi, dengan memanfaatkan lahan kosong ini dapat memenuhi kebutuhan pangan masyarakat," tandas Bupati.

Sumber: Aceh Tribunnews