Blog •  22/03/2021

Satgas Citarum Harum Sektor 7 dan Warga Panen Bawang Merah

© Foto: Pendam Siliwangi
© Foto: Pendam Siliwangi

BANDUNG, iNews.id - Satgas Citarum Harum Sektor 7 Subsektor Andir bersama masyarakat panen bawang merah. Tanaman bawang merah yang dipanen itu dibudidayakan di lahan bantaran sungai Subsektor Andir Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung. Komandan Sektor 7 Satgas Citarum Harum Kolonel Inf Jefson Marisano mengatakan, mengajak masyarakat ikut panen bawang merah bertujuan agar mereka mendapat manfaat dan mau terlibat dalam menjaga lingkungan sekitar tempat tinggalnya.

Ada beberapa warga merasa tertarik dan belajar proses penanaman bawang merah dengan menggunakan cairan Bios 44 untuk menyuburkan lahan pertanian tersebut.  Hasil panen bawang merah yang didapat dari lahan di bantaran Sungai Citarum, Sektor 7 pada , Rabu (24/2/2021), mendapatkan hasil lebih kurang 150 kilogram. 

"Penamanan bawang merah di bantaran Sungai Citarum bukan sekadar memanfaatkan dan menjaga aliran sungai Citarum saja tetapi lebih dari itu. Hasil dari tanaman bawang merah ini bisa dinikmati langsung oleh masyarakat sekitar," kata Kolonel Inf Jefson Marisano. 

Kegiatan pemanfaatan lahan bantaran Sungai Citarum, ujar Dansektor 7 Citarum Harum, menjadi bagian dari program ketersediaan pangan yang menjadi salah satu sumber kehidupan manusia. Untuk menunjang kebutuhan pangan masyarakat, Satgas Citarum Harum Sektor 7 juga mengembangkan tanaman sayur mayur dan palawija atau hortikultura di sejumlah titik bantaran sungai Citarum. 

"Sektor 7 juga mengembangkan perikanan. Juga tanaman sayuran seperti terong, kangkung, dan cabai. Bahkan sudah berkali-kali dilaksanaka panen," ujar Dansektor 7.

Sumber: iNews.id