Blog •  29/06/2021

Sejumlah Daerah di Karawang Memasuki Musim Panen Padi

© ANTARA/M Ibnu Chazar
© ANTARA/M Ibnu Chazar

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG -- Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Karawang,  menyatakan areal sawah di sejumlah daerah sekitar Karawang sudah memasuki musim panen padi. "Sejak Januari sampai Mei, beberapa daerah ada yang sudah panen," kata Kepala Distan Kabupaten Karawang, Hanafi di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Senin (28/6).

Termasuk pada Juni, kata dia, ada beberapa titik areal pertanian di Karawang yang sudah panen. Data Distan Kabupaten Karawang, hingga akhir Mei 2021 jumlah total areal sawah yang sudah panen mencapai 50.289 hektare. "Rata-rata panen 7 ton per hektare," kata Hanafi.

Dia menuturkan, dilihat dari luas areal sawah yang panen hingga mencapai 50.289 hektare dengan rata-rata produksi 7 ton per hektare. Hal itu menandakan kalau stok pangan Karawang aman.

Hanafi berharap, Bulog segera melakukan penyerapan gabah petani, agar harga gabah kering panen di wilayah Karawang terjaga. "Kami sudah menyurati Bulog Karawang agar segera menyerap gabah petani sesuai dengan HPP (Rp 4.200 per kilogram)," katanya. 

Sumber: REPUBLIKA