Blog •  29/06/2021

Serda Sukarji Faham Cara Menanam Jagung Yang Benar

Something went wrong. Please try again later...

Pati – Bulan Juni, sesuai berhitungan sudah memasuki musim kemarau. Namun hujan masih turun walaupun dengan intensitas rendah. Hal ini dimanfaatkan warga Desa Tamansari, Kecamatan Jaken, Kabupaten Pati untuk menanam jagung di lahan miliknya paska panen padi.

Telihat anggota satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-111 Kodim Pati sedang membantu Sartini (44) warga Dukuh Kemiri RT.02/02 Desa Tamansari Kecamatan Jaken. Serda Sukarji membantu memasukkan bibit jagung ke dalam lubang yang telah dibuat dengan menggunakan alat tradisional dari sebatang kayu, Senin (28/6/2021).

Serda Sukarji mengatakan, dirinya tidak merasa aneh melakukan hal ini, pasalnya sebelum menjadi anggota TNI ia sering membantu orang tuanya menanam tanaman jagung. Saat membantu Ibu Sartini serasa membantu orang tuanya sendiri. Jadi faham betul cara menanam jagung yang baik dan benar.

“Menanam tidak seperti menanam padi yang harus disemai dulu bibitnya. Untuk menanam jagung cukup simpel, cukup memasukkan ke tanah yang sebelumnya dibuat lubang terlebih dahulu. Tahapan selanjutnya adalah menutup lubang tersebut dengan abu pupuk kandang. Selanjutnya tinggal menunggu beberapa hari, jagung akan tumbuh,” jelas Sukarji.

Sumber: Bengkulu News