Blog •  26/06/2020

Sulap Lahan Tidur, Danlanal Karimun Panen Perdana Jagung Guna Ketahanan Pangan

WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Tanjungbalai karimun, melakukan panen perdana berupa tanaman jagung di atas lahan seluas satu hektar, yang terletak dijalan jenderal Soedirman Poros Kelurahan Harjosari, Kecamatan Tebing, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, Rabu (24/6/2020).

Pada program ketahanan pangan di masa New Normal tersebut, dilaksanakan sebagai rangkaian program TNI AL sesuai intruksi dari pimpinan tentang ketahanan pangan terkait mewabahnya Covid-19, terlebih memasuki masa tatanan kehidupan normal baru ini.

Dimana, pada program ketahanan pangan wilayah kerja Mako Lanal TBK selain tanaman jagung juga terdapat sayur jenis sawi hijau (pokcoy) dengan teknoligi Green House Hydroponik, serta saat ini sedang berjalan program pembibitan ikan lele yang akan dipanen tiga bulan mendatang.

“Lahan ini sebelumnya merupakan lahan tidur yang tidak di manfaatkan sama sekali, sehingga dengan adanya binaan dari Mako Lanal Tanjungbalai Karimun lahan seluas kurang lebih satu hektar ini cocok sekali untuk ditanami jagung,” terang Danlanal TBK Letkol Laut (P) Mandri Kartono.

Mandri menyebut, untuk periode tanaman jagung ini dari mulai menanam hingga panen mencapai tiga bulan, dengan total keseluruhan 11 ribu batang pohon jagung.

“Sehingga sekali panen tidak langsung banyak, harus bertahap. Hal ini terkait dengan pasar di Karimun yang tidak dapat menyerap hasil komoditas jagung sekaligus dan sangat banyak,” imbuhnya.

Oleh karena itu, kata Mandri penanaman jagung sendiri harus bergiliran, diberikan jeda sekitar dua minggu, dengan total keseluruhan apabila dipanen mencapai dua ton.

“Hasilnya Alhamdulillah baik sekali, karena lahan (tanah) yang sangat mendukung, ini baru saja di petik dan jagung inilah yang nantinya akan diprioritaskan untuk di konsumsi oleh parjurit Mako Lanal TBK terlebih dahulu, dan kedepannya nanti kalau sudah berhasil, dan semakin dikembangkan hasil jagung ini juga akan diserap oleh masyarakat Karimun,” ungkapnya.

Untuk perawatannya sendiri, Mandri menjelaskan sangat mudah, dimana hanya sesering mungkin dibersihkan hama-hama dan gulma yang dapat menggangu tanaman jagung tersebut. 

“Karena di daerah sini tanahnya sangat subur, sehingga hanya bagaimana kita dapat memanfaatkan lahan-lahan tidur yang banyak tersebar di Karimun, agar sekiranya dapat diolah dengan baik,” ujar Mandri.

Pada kesempatan ini, Danlanal Tanjung Balai Karimun Letkol Laut (P) Mandri Kartono mengajak seluruh masyarakat Karimun, agar sekiranya dapat memanfaatkan lahan tidur yang ada di Kabupaten Karimun.

“Potensi yang ada di wilayah Kabupaten Karimun ini sangat luar biasa, bersyukur diberikan tanah yang subur, sehingga jagung yang ditanampun hasilnya sangat baik, butir jagung yang ada rapat sekali dan besar-besar,” papar Mandri seraya menunjukkan jagung hasil panen.

Pada panen perdana jagung ini, Danlanal TBK Letkol Laut (P) Mandri Kartono turut serta didampingi oleh Ketua Jalasenastri Cabang 6 Korcab IV DJA I Ny. Whiesse Mandri, Pjs. Palaksa Lanal TBK Kapten Laut (P) Bagus, Dandenpomal Lanal TBK Kapten Laut (PM) Agus, Pjs. Paspotmar Lanal TBK Lettu Laut (P) Hendriyono, Pjs Dansatma Lanal TBK Lettu Laut (P) Heri Kuswanto, Pjs Danunit Intel Lanal TBK Letda Laut (S) Syahrudin, Danposal Moro Letda Laut (S) M. Arif, Pengurus Jalasenastri Cabang 6 Korcab IV DJA I Jalasenastri Lanal TBK, serta anggota Lanal Tanjungbalai Karimun. 

Sumber: WARTAKEPRI