Blog •  07/09/2021

Sumsel Target Peremajaan Sawit Rakyat 22.300 Hektare di 2021

© GATRA/Tohir
© GATRA/Tohir

Palembang, Gatra.com - Dinas Perkebunan (Disbun) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), menyebut target program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) di Bumi Sriwijaya pada tahun 2021 ini mencapai 22.300 hektare.

“Untuk 2021 ini, realisasi rekom sudah mencapai 7.000 hektare. Jumlah itu tersebar di OKI, Musi Banyuasin, Muaraenim, OKU, Lahat, Musi Rawas, Prabumulih, Muratara dan Banyuasin,” ujar Kepala Bidang (Kabid) Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perkebunan (P2HP) Disbun Provinsi Sumsel, Rudi Arpian di Palembang, Senin (6/9).

Menurutnya, PSR sendiri merupakan program nasional guna membantu pekebun rakyat dalam meremajakan tanaman kelapa sawitnya. Itu dijalankan untuk meningkatkan produksi dan produktivitas tanaman kelapa sawit serta pendapatan dan kesejahteraan petani kelapa sawit.

“Disbun Sumsel hingga kini terus mendorong pemerintah daerah setempat untuk membantu para petani sawit dalam memenuhi berbagai persyaratan yang diperlukan,” katanya.

Dikatakan bahwa peremajaan kelapa sawit rakyat di Sumsel melalui dana dari Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDKS) telah dimulai saat diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo pada 13 Oktober 2017 lalu di Sungai Lilin, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba).

Sumber: Gatra