Blog •  17/03/2020

Tahan Lama, 7 Sayuran yang Bisa Disimpan Buat Stok di Rumah

© Image by Jill Wellington from Pixabay
© Image by Jill Wellington from Pixabay

Semenjak diumumkannya oleh Presiden Jokowi, bahwa ada dua orang warga negara Indonesia yang positif terkena virus corona; tampaknya sudah banyak dari kita yang mulai berbenah rumah hingga menyetok beberapa makanan.

Sebab, memang kita disarankan untuk tak terlalu banyak berada di publik area, maupun mengurangi kontak fisik; terutama dengan orang yang sedang tidak fit. 

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI. Dr. dr. Ina Rosalina, Sp.A (K)., M.Kes., MH.Kes. selaku Direktur Pelayanan Kesehatatan Tradisional Kemenkes RI yang kumparan temui pada Sabtu (29/2) lalu mengatakan, "Corona virus intinya yang harus kita tekankan adalah kebersihan. Selalu cuci tangan jangan malas, di setiap tempat kini ada handsoap. Tenggorokan jangan sampai kering atau dehidrasi, selalu minum. Jangan terlalu banyak berada di tempat-tempat ramai. Serta tetap jaga kesehatan dengan makan yang sehat pula, contohnya sayur dan buah," tuturnya.  

Makan makanan sehat memang dipercaya bisa menjaga sistem imun kita. Untuk itu, enggak ada salahnya buat menyetok sayuran seperti yang disarankan dokter Ina. Lantas, kalau sudah distok perhatikan juga cara penyimpanannya. 

Berikut ada tujuh jenis sayuran yang punya umur panjang, sehingga bisa kamu stok di kulkas. Apa saja? Yuk, simak daftarnya berikut ini:  

1. Sayuran hijau gelap

Mengutip Everyday Health, sayuran hijau gelap; seperti kale, chard Swiss, dan sawi bisanya tersedia banyak tanpa kenal musim. Sayuran ini juga tahan lama, lho.  

Supaya umurnya semakin panjang, simpanlah dalam bentuk yang sudah terpotong kecil. Simpan dalam wadah kering, dan masukkan dalam kulkas. Nantinya, sebelum dipakai dicuci terlebih dahulu, ya.  

2. Jagung

Jagung juga memiliki kekuatan simpan yang cukup lama. Kamu hanya perlu menyimpannya tanpa membersihkan jagung dari kulit atau rambut-rambut halus. Simpan saja seperti biasa dalam kulkas. Kalau ingin diolah tinggal dicuci terlebih dahulu, deh.  

3. Mentimun 

Mentimun punya badan yang kokoh dengan kulit yang kering. Enggak heran kalau sayuran yang juga masuk kategori buah ini bisa bertahan lama. Coba saja stok beberapa buah mentimun. Kalau sedang tak ada sayuran kamu bisa melalapnya, kan?  

4. Wortel

Sama halnya dengan mentimun, wortel juga bisa disimpan dalam waktu yang lama. Kamu bisa menyimpannya begitu saja dalam kulkas, atau kalau mau disimpan dalam freezer baiknya dipotong kecil-kecil terlebih dahulu.  

5. Buncis 

Mengutip Eating Well, kalau mau stok buncis, kamu perlu membersihkannya terlebih dahulu dari serat-serat di pinggirnya. Kemudian simpanlah dalam plastik, dan beri sedikit bolongan agar ada udara yang masuk. Simpan dalam kulkas, maka buncis bisa tahan hingga sebulan lamanya.  

6. Brokoli

Brokoli juga bisa kamu jadikan salah satu pilihan sayuran untuk stok di rumah. Untuk menyimpan superfood ini kamu perlu memasukkannya dalam kulkas.  

Pastikan juga plastik pembungkusnya tak terbuka, sehingga brokoli tidak lembap. Tapi kalo sudah agak menguning, sebaiknya langsung dimasak, ya. Dengan dimasak biasanya brokoli bisa tahan lebih lama lagi.  

7. Kubis

Kubis atau kol juga punya umur yang panjang kalau kamu menyetoknya di kulkas. Selama bonggolnya tak dipotong, sayuran yang kaya vitamin C serta sulfur ini akan tetap segar.  

Kalau kamu mau memasaknya, tinggal potong secukupnya. Lalu, bungkus sisa kubis dengan plastik wrap, dan masukkan kembali dalam kulkas. Mudah, kan?

Sumber : Kumparan