Blog •  18/08/2020

Tanam Jagung Di Kuantan Tenang, Ini Pesan Bupati Inhu

Inhu, berazamcom - Meskipun hari libur, namun Bupati Indragiri Hulu (Inhu) H Yopi Arianto SE tetap meluangkan waktu blusukan hingga ke pelosok Desa untuk bersilaturrahmi dengan masyarakatnya.

Seperti yang dilakukan Bupati Inhu, Sabtu (15/8/2020), dengan menempuh perjalanan yang cukup jauh, Bupati menuju desa Kuantan Tenang Kecamatan Rakit Kulim untuk menyaksikan penanaman jagung serentak di desa paling ujung wilayah Rakit Kulim tersebut.

Namun sebelum sampai desa Kuantan Tenang, Bupati diminta tuan rumah untuk menjadi saksi pernikahan putri salah seorang tokoh masyarakat Kecamatan Sungai Lala, Sumanto atau yang akrab disapa Bento.

Selepas menjadi saksi pernikahan, Bupati langsung menuju lokasi acara, lagi-lagi Bupati juga menyempatkan diri menghadiri undangan resepsi pernikahan anak tokoh masyarakat Desa Talang Perigi Kecamatan Rakit Kulim.

Selang beberapa menit menghadiri undangan pernikahan sekaligus bersilahturahmi dengan masyarakat Desa Talang Perigi, Bupati dan rombongan beristirahat sejenak di kantor Camat Rakit Kulim.

Dari kantor Camat Rakit Kulim menuju desa Kuantan Tenang memakan waktu sekitar 1,5 jam.

Begitu sampai di lokasi acara, Bupati disambut hangat oleh ratusan masyarakat, mulai muda hingga Lansia dengan menyajikan berbagai tarian tradisional daerah itu.

Kepala Desa Kuantan Tenang, Idgham Khalid dalam sambutannya mengatakan, atas nama seluruh lapisan masyarakat Kades Kuantan Tenang mengucapkan terima kasih banyak atas kesediaan Bupati meluangkan waktu datang ke Desa Kuantan Tenang untuk menyaksikan penanaman jagung sekaligus bersilaturahmi dengan masyarakat.

Dijelaskannya, penanaman jagung serentak di Desa Kuantan Tenang akan direalisasikan diatas lahan seluas 10 hektar, namun tahap pertama ditanam seluas 6 hektar.

Diakuinya, sejak masa kepemimpinan Bupati Yopi, banyak perubahan pembangunan di Desa Kuantan Tenang, misalnya pada tahun anggaran 2019 saja sudah 6 km jalan desa ditingkatkan.

Bahkan untuk beberapa waktu kedepan, pihak Desa berencana akan membangun bidang pariwisata.

"Banyak perubahan yang signifikan di Desa ini sejak pak Yopi menjabat Bupati Inhu, kami yakin semua rencana pembangunan ini akan terealisasikan pak Yopi," ucap Kades.

Sementara Bupati Inhu, H Yopi Arianto, SE membuat suasana siang menjelang sore itu lebih santai dan lebih akrab, Bupati tidak memberi sambutan atau pidato, tapi justru membuka dialog interaktif dengan pemuka masyarakat, tokoh agama, tidak ada kata sambutan, tokoh adat serta berbagai elemen masyarakat lainnya sehingga suasana pun lebih akrab dan santai.

Dalam kesempatan itu, Bupati menghimbau masyarakat Rakit Kulim, khususnya Kuantan Tenang untuk menaikan bendera merah putih sebagai bentuk semangat dalam memperingati hari kemerdekaan RI ke-75 tahun 2020, bahkan Bupati bersedia menghantarkan e-KTP masyarakat setempat mengingat jauhnya jarak Desa Kuantan Tenang dengan ibu kota Kecamatan Rakit Kulim.

Bupati juga menyaksikan penyerahan BLT untuk masyarakat terdampak Covid-19 yang bersumber dari Dana Desa (DD) Kuantan Tenang bulan Juni 2020 secara simbolis oleh perangkat Desa.

Dipenghujung acara, Bupati didampingi Camat Rakit Kulim beserta perangkat desa menanam jagung tanda dimulainya penanaman serentak itu.

Sumber: Berazam