Blog •  03/07/2020

Tanam Jagung di Lahan Replanting Sawit 100 Ha, Petani di Aceh Utara Terima Benih 1.500 Kg

SERAMBINEWS.COM, LHOKSUKON – Seluas 100 hektare (Ha) lahan replanting kelapa sawit di Desa Sidomulyo Kecamatan Kuta Makmur, Aceh Utara Rabu (1/7/2020) mulai ditanami jagung dengan sumber benih dari bantuan Dinas Pertanian Aceh.

Benih jagung tersebut diserahkan secara simbolis oleh Wakil Bupati Aceh Utara Fauzi Yusuf kepada warga melalui kelompok tani Tunas Muda Usaha Beuna. Dalam kesempatan itu, Wabup bersama unsur muspika juga melakukan penanaman perdana.

“Penanaman jagung rakyat di areal replanting sawit merupakan bagian dari program ketahanan pangan mengantisipasi wabah pandemi virus Covid-19,” ujar Wakil Bupati Aceh Utara Fauzi Yusuf dalam siaran pers yang diterima Serambinews.com, Rabu (1/7/2020).

Dalam kesempatan itu Fauzi Yusuf menyerahkan bantuan benih jagung sebanyak 1.500 kilogram berasal dari Dinas Pertanian Provinsi Aceh yang disalurkan melalui Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Aceh Utara.

“Selain bantuan benih, juga diberikan bantuan pupuk sebanyak 10 ton, yang kita serahkan kepada warga melalui Kelompok Tani Tunas Muda Usaha Beuna,” ujar Wakil Bupati Aceh Utara didampingi Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Aceh Utara Mukhtar SP.

Wakil Bupati Fauzi Yusuf  berharap bantuan ini dapat menjadi sumber ekonomi petani di sini, khususnya dalam masa replanting tanaman sawit.

Sebelumnya, kata Fauzi, Pemkab Aceh Utara, juga melakukan penanaman jagung untuk program serupa juga telah dilakukan di areal replanting tanaman sawit di Gampong Cot Dah Kecamatan Tanah Luas. 

Fauzi mengatakan bantuan yang diberikan pemerintah hendaknya dimanfaatkan dengan baik dan ditambah dengan kerja keras supaya berhasil. “Petani kita harapkan mau bekerja keras, kalau ada permasalahan agar berkoordinasi dengan pemerintah daerah melalui dinas terkait,” harapnya.

Ditambahkan, program penanaman jagung di atas lahan replanting kelapa sawit akan dilakukan di beberapa lokasi dalam wilayah Aceh Utara yang dikelola oleh sejumlah kelompok tani.

Untuk diketahui, Pemerintah sedang melakukan program peremajaan sawit rakyat yang usianya sudah lebih 25 tahun. Dalam tahun 2019 sedikitnya dilakukan peremajaan (replanting) seluas 2.080 hektar tersebar di 10 lokasi dalam wilayah Aceh Utara.

Di atas areal replanting inilah ditanami tanaman jagung, sebagai selingan dalam masa awal penanaman kembali kelapa sawit rakyat. Sangat diharapkan tanaman jagung ini menjadi pembangkit ekonomi petani, khususnya yang tanaman sawitnya dalam masa replanting.

Prosesi penyerahan bantuan benih jagung dan kegiatan penanaman perdana jagung rakyat di Gampong Sido Mulyo tidak lepas dari program ketahanan pangan akibat wabah virus Covid-19. Semua tamu dan hadirin yang hadir pada kegiatan itu diwajibkan mentaati protokol kesehatan.

Sumber: SERAMBINEWS