Blog •  22/06/2021

Tanam Padi Sistem Jarwo Meningkatkan Jumlah Anakan Padi, TMMD Tapsel

TAPSEL,- Dusun Tangga Batu, Desa Siuhom, Kec. Angkola Barat, Kabupaten Tapanuli Selatan merupakan daerah yang masih perawan, karena masih banyak dijumpai hutan belantara. Lokasi TMMD ke-111 Kodim 0212?TS dengan Dansatgas Letkol Inf Rooy Chandra Sihombing S.I.P., wilayahanya sejuk udaranya, sehingga akan menambah kenyamanan bagi yang tinggal di daerah tersebut.

Pagi hari udara yang sangat sejuk dan dihiasi dengan suara burung berkicau menambah semangat bagi siapa saja yang saat itu sedang bangun dari tempat tidurnya. Bahkan bagi yang saat ini libur dalam bekerja tentu akan merasa bermalas-malasan untuk bangun dari ranjangnya

Namun tidak bagi Satgas TMMD ke-111 Kodim 0212/TS, berada di sawah bersama petani , Sabtu (19/6/2021), menjelaskan sistem tanam Padi Jarwo (2: 1) atau (2:2).

Begini penjelasannya Jajar legowo atau Jarwo adalah salah satu sistem tanam padi dengan tujuan meningkatkan hasil produksi pertanian (padi) dengan cara meningkatkan jumlah populasi tanaman dan merekayasa jarak tanam seolah-olah tanaman seperti tanaman tepi pematang (pinggir). 

Sumber: Memorandum