Blog •  11/08/2020

Tanaman Jagung Program TJPS di Bena Dimakan Ternak, Ini Sikap Babinsa dan Camat

POS-KUPANG.COM | SOE - Tanaman jagung Program Tanam Jagung Panen Sapi (TJPS) di dataran rata Bena, Kecamatan Amanuban Selatan dimakan ternak sapi dan kambing.

Hal ini disebabkan karena belum seluruh area program TJPS dipagari dan masih rendahnya kesadaran para pemilik ternak untuk mengkandangkan ternaknya pada malam hari.

Camat Amanuban Selatan, Jhon Asbanu tak menampik adanya tanaman jagung yang dimakan ternak. Walaupun luasanya masih kecil, diakuinya ternak menjadi ancaman serius bagi tanaman jagung program TJPS.

Oleh sebab itu, dirinya kembali mengeluarkan penegasan kepada para pemilik ternak untuk mengkandangkan ternaknya pada malam hari.

" Kedepan kita memang perlu melakukan penguatan pagar yang ada. Hal ini untuk mencegah ternak masuk ke area tanaman jagung program TJPS. Saya juga sudah mengeluarkan surat penegasan untuk peternak, pemilik lahan, P3A, GP3A dan IP3A serta kepala desa agar pada malam hari seluruh ternak wajib dikandangkan," tegasnya.

Babinsa Desa Bena, Sersan Dua, Bonevasius Suhardi juga membenarkan adanya tanaman jagung program TJPS yang dimakan ternak.

Pihaknya langsung segera mengamankan ternak tersebut dan memanggil pemilik ternak. Sebelum dikembalikan ternaknya, pemilik ternak wajib menanam kembali tanaman jagung dimakan ternak.

" Ada beberapa titik area tanaman jagung yang dimasuki ternak kambing dan sapi. Kita langsung panggil pemiliknya untuk tanam kembali tanaman jagung yang dimakan ternaknya sebelum kita kembalikan ternak tersebut," ujarnya.

Disinggung terkait instruksi tembak mati ternak yang merusak tanaman jagung program TJPS, Suhardi mengaku, belum berani mengambil sikap tegas karena hingga saat ini surat dari Pemprov maupun Bupati TTS terkait sanksi tembak mati ternak yang merusak tanaman jagung program TJPS belum diterimanya.

Oleh sebab itu dirinya masih enggan untuk melakukan penegasan Bupati TTS tersebut.

" Kalau ada surat resmi dari Pemprov atau Pemda TTS kita berani, tapi kalau belum ada ya kita ikuti Perdes dulu. Takutnya nanti kita yang disalahkan," ujarnya.

Pantauan POS-KUPANG.COM, tanaman jagung program TJPS di dataran rata Bena sudah tumbuh.

Sebagian nampak sudah dibersihkan dari rumput liar, tapi sebagian masih dikelilingi rumput. Ada juga beberapa petak yang sudah digemburkan dan dibuang bedengan. 

Sumber: POS-KUPANG