Blog •  12/05/2024

Tanaman Padi Mulai Berbunga, Petani Harap Hujan Tetap Turun Normal

Something went wrong. Please try again later...

POS-KUPANG.COM, WAIBAKUL - Para petani Waibakul, Kabupaten Sumba Tengah berharap hujan tetap turun normal agar tanaman padi yang mulai berbunga bisa selamat dan memberikan hasil maksimal.

Hal itu mengingat hujan kali ini turun terlambat bahkan tidak normal sehingga tanaman padi milik masyarakat tidak semua tumbuh baik. Walau demikian, tanaman padi yang sudah berbunga ini bisa selamat bila hujan tetap turun normal.

Apalagi sebagian tanaman padi milik petani baru mula tumbuh besar.

Ama Yanto, salah seorang petani ditemui, Senin 29 April 2024 mengatakan, secara keseluruhan, tahun ini,  para petani terlambat menanam karena hujan terlambat turun.

Walau demikian, ia bersyukur tanaman padi sawah tadah hujan miliknya tumbuh baik hingga saat ini mulai berbunga.

Ia berharap tanaman hujan tetap turun normal agar tanama padi yang mulai berbunga sekarang bisa selamat.

Tidak hanya itu, hujan turun normal juga dapat menyelamatkan tanaman padi milik petani yang muli tumbuh tinggi dan sedikit lagi akan berbuah. Dengan demikian, produkdi petani menjadi lebih baik pula. Meskipun produksi padi kali ini kalah dengan tahun sebelumnya. Hal itu hanya karena hujan terlambat turun.

Seperti disaksikan POS-KUPANG.COM di Waibakul, Sumba Tengah, Senin 29 April.2024 pagi, lahan persawahan padi milik petani yang membentang luas disisi kiri kanan jalan raya menuju pusat perkantoran pemerintahan Sumba Tengah, sudah mulai tumbuh tinggi.

Sebagian diantaranya sudah berbunga. Memang tidak semua tanaman padi disepanjang hamparan luas itu tumbuh subur. Namun demikian, para petani berharap hujan tetap turun normal agar tanaman padi miliknya bisa selamat. (*)