Blog •  13/02/2020

Tanggul Sungai di Kota Rantang Jebol, Puluhan Hektar Sawah di Hamparan Perak Gagal Panen

Medanbisnisday.com - Hamparan Perak. Tanggul Sungai Diski di Desa Kota Rantang, Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang, Sumatra Utara, yang baru diperbaiki jebol akibat hujan deras menerpa desa tersebit. Akibatnya, puluhan hektar tanaman padi gagal panen.

"Ada sekitar 55 hektare tanaman padi di Desa Kota Rantang dan 20 hektare tanaman padi di Desa Paluh Manan yang lokasinya bersebelahan terendam banjir akibat jebolnya tanggul Sungai Diski di Desa Kota Rantang," ujar KUPT Dinas Pertanian dan Holtikultura Kecamatan Hamparan Perak, Ahmad saat dikonfirmasikan medanbisnis, Selasa (12/2/2020).

Dikatakan Ahmad, akibat musibah jebolnya tanggul, petani yang menjadi korban gagal panen akan mendapat asuransi dari Jasindo sebesar Rp 1 juta per hektar, bagi petani yang mengikuti program asuransi.

"Pemerintah mengansuransikan lahan tanaman bekerjasama dengan PT Jasindo dengan besar pembayaran Rp 26.000 per hektare sekali musim tanam," kata Ahmad.

Petani di desa ini, katanya, juga mendapat pupuk subsidi serta program Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang disalurkan melalui HKTI.

Ahmad berharap pihak PU Pengairan Deli Serdang dapat melakukan normalisasi aliran sungai, sehingga dikala musim penghujan aliran air sungai dapat lancar mengalir dan aliran airnya tak meluap ke lokasi persawahan maupun pemukiman warga.

Terpisah Kades Kota Rantang Ngatino dihubungi membenarkan bila tanggul Sungai Diski jebol saat hujan lebat pada tanggal 29 Januari 2020. " Saat ini kondisi tanggul yang jebol diperbaiki secara swadaya dengan menumpuk tanah di dalam goni sebagai menahan runtuhnya tanggul," ujar Ngatino.

Untuk perbaikan secara permanen, pihaknya sudah melaporkan kondisi tanggung Sungai Diski yang rusak ke Camat Hamparan Perak dan Dinas PU Pengairan Kabupaten Deli Serdang.

Sumber: Medanbisnisdaily