Blog •  07/09/2020

Tips Agar Kentang Tidak Mudah Menghitam Setelah Dikupas

Something went wrong. Please try again later...

Kentang adalah salah satu sumber karbohidrat baik untuk menyuplai energi dalam tubuh. Kentang juga sering dijadikan sebagai lauk makan karena mudah diolah menjadi berbagai masakan. Untuk menghasilkan olahan kentang yang baik, tidak hanya proses masaknya yang harus Anda perhatikan, tapi juga penyimpanannya. Karena, jika kentang dibiarkan beberapa menit setelah dipotong maka akan mengalami perubahan menjadi berwarna hitam. Kentang yang sudah berubah menjadi berwarna hitam tentu saja tidak menarik lagi penampilannya. Dan ketika dimasak juga warnanya kusam dan tidak menggugah selera.

Warna Kentang Berubah Setelah Dikupas

Sama hal nya seperti buah apel, kentang juga mengalami perubahan warna setelah dikupas dan dipotong. Di dalam kentang terdapat zat yang tidak bisa bersinggungan langsung dengan oksigen udara. Jika hal ini terjadi, kentang akan mengalami oksidasi, yaitu proses zat yang bersinggungan langsung dengan oksigen di udara. Dan proses oksidasi ini yang menyebabkan warna kentang berubah menjadi hitam setelah dikupas.

Tips Agar Kentang Tidak Menghitam Setelah Dikupas

Untuk mencegah agar kentang jangan sampai berubah warna menjadi kecoklatan apalagi kehitaman setelah dikupas, proses oksidasi harus dihentikan. Artinya Anda harus membuat kentang tersebut tidak bersinggungan secara langsung dengan udara bebas. Bagaimana caranya?

Kentang dalam jumlah sedikit:

Rendam potongan kentang ke dalam air bersih dan kentang tidak akan mengalami perubahan warna lalu tiriskan.

Kentang dalam jumlah banyak:

-Masukkan kentang yang telah dikupas ke dalam larutan 1 liter air (sesuaikan dengan banyaknya kentang) & 2 sdm garam dapur. Tiriskan.

-Masukkan kentang yang telah dikupas ke dalam larutan 1 liter air (sesuaikan dengan banyaknya kentang) + 2 sdm garam dapur + 1 sdm kapur. Tiriskan.

Kentang yang telah melalui proses ini tidak akan berubah hitam meski tidak direndam dalam air terus menerus.

Kentang Berubah Warna Kehijauan

Pernah mengalami saat menyimpan kentang di luar ruangan dengan waktu yang cukup lama, lalu kentang itu berubah warna menjadi agak kehijauan? Jika pernah, seharusnya kentang lebih baik dibuang. Karena jika kentang sudah berubah warna menjadi warna hijau, itu menandakan bahwa kentang mengandung racun bernama solanin. Jika tetap di konsumsi, racun tersebut bisa berbahaya bagi tubuh. Pastikan seluruh anggota keluarga Anda mengetahui informasi penting ini.

Sumber: Hypermart