Blog •  08/12/2021

Tips Menyimpan Buah dan Sayuran Agar Segar dan Tahan Lama

© Freepik
© Freepik

Jakarta: Buah dan sayuran umumnya memiliki umur penyimpanan yang tidak terlalu lama. Salah satu cara yang paling sering dilakukan agar waktu simpan buah-buahan dan sayuran bisa lebih lama adalah, dengan menaruhnya di dalam lemari pendingin atau kulkas.

Namun terkadang, jika tidak dilakukan dengan benar, menyimpannya di dalam kulkas pun tidak akan memiliki dampak apapun, buah-buahan, dan sayuran akan tetap mudah membusuk. Untuk itu, dikutip dari Reader's Digest berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan agar penyimpanan buah-buahan dan sayuran bisa lebih lama:

1. Buah beri

Sebelum kamu menyimpannya di dalam kulkas agar tahan lama, cuci stroberi, raspberry, dan buah beri lainnya dengan campuran cuka dan air dengan perbandingan 1: 3. Setelah direndam, bilas dengan air bersih. Campuran ini dapat membasmi jamur dan dapat memperpanjang umur penyimpanan sampai satu minggu.

2. Selada

Cara agar selada bisa bertahan lebih lama adalah dengan menyimpan selada dalam wadah atau mangkuk yang ditutup dengan handuk atau lap, kemudian tutup dengan bungkus plastik. Handuk menyerap kelembapan, yang dapat mengubah daun menjadi basah dan cokelat. Ganti handuk saat sudah lembap. Atau bisa juga dengan menaburkan sedikit garam, yang juga membantu mengurangi kelembapan.

 3. Alpukat

Alpukat mengandung enzim yang menghasilkan pigmen coklat ketika terkena oksigen, itulah mengapa alpukat yang dibelah dua terlihat tidak begitu menarik jika disimpan terlalu lama. Untuk menghindarinya, semprot dengan air lemon atau air jeruk nipis.

Asam sitrat akan membantu mencegah agar tidak menjadi cokelat selama setidaknya satu hari. Kamu juga bisa menyimpan irisan alpukat dengan potongan bawang besar. Bawang juga mencegah oksidasi pada alpukat.

4. Wortel

untuk menambah umur penyimpanan wortel, kamu bisa meletakkannya dalam wadah berisi air, tutup dengan bungkus plastik, dan simpan dalam kulkas. Atau bisa juga membungkusnya dengan menggunakan bubble wrap sebelum memasukkannya ke dalam kulkas. Cara ini akan membuat wortel tetap lembap meskipun kamu tidak menyimpannya dalam air.

5. Kentang

Jika ingin menyimpan kentang lebih lama, kamu bisa menyimpan kentang bersamaan dengan apel. Apel menghasilkan gas ethylene yang bisa membuat kentang di rumah tetap segar selama lebih dari delapan minggu. Sehingga kamu tidak perlu khawatir lagi dengan munculnya tunas-tunas pada kentang jika disimpan terlalu lama.

Sumber: Medcom