Blog •  20/01/2021

Wabup HSS Semai Perdana Tanaman Padi

© Sumber foto: Kominfo HSS
© Sumber foto: Kominfo HSS

HULUSUNGAISELATAN, koranbanjar.net – Semai benih padi bersama Kelompok Tani (Poktan) Balanti ini sendiri dilaksanakan pada Selasa (19/1/2021) pagi bertempat di area belakang Panti Asuhan Hikmah Fadhilah milik Kodim 1003 Kandangan.

Wakil Bupati HSS, Syamsuri Arsyad menyampaikan bahwa semai perdana dan gerakan pengendalian hama tikus merupakan awal dari gerakan ketahanan pangan di HSS.

“Ditengah pandemi yang melanda ini, Pemkab HSS akan terus tetap memprioritaskan bidang pertanian, karena merupakan bidang yang sangat menyokong ketahanan pangan kita,” ucap Syamsuri Arsyad.

Ia melanjutkan, apalagi Kecamatan Telaga Langsat merupakan kawasan lumbung pangan di HSS sehingga ini merupakan langkah awal dalam mewujudkan ketahanan pangan ke depan.

Syamsuri Arsyad berpesan, jangan sampai mengarahkan atau melarang anaknya untuk anti menjadi petani. Sebab, pertanian ke depan sangat menjanjikan didukung dengan perkembangan teknologi.

Ketua Poktan Balanti, Juriansyah mengucapkan terima kasih atas bantuan dan perhatian yang telah diberikan oleh Pemkab HSS selama ini.

“Khusus untuk tanam kedua nanti, akan dianggarkan dalam APBD untuk jenis Sarana Produksi Padi (Saprodi) dan Asuransi Usaha Tani Padi,” imbuhnya.

Juriansyah menjelaskan, lahan yang digarap di Kecamatan Telaga Langsat total seluruhnya berjumlah 190 hektar.

“Terdiri dari 9 Poktan, 3 Gapoktan yang tersebar di tiga Desa, yakni Mandala Hikmah, Telaga Langsat dan Desa Ambutun,” pungkasnya.

Sumber: koranbanjar