Blog •  26/10/2021

Wakil Bupati Barito Timur Hadiri Tanam Jagung di Desa Malintut

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Wakil Bupati Barito Timur, Habib Said Abdul Saleh menghadiri kegiatan tanam jagung untuk pakan pada Kelompok Wanita Tani atau KWT Bamanja Desa Malintut Kecamatan Raren Batuah, Selasa, 26 Oktober 2021.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Ketua DPRD Barito Timur, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Camat dan Koordinator BPP Raren Batuah serta tokoh masyarakat dan penyuluh.

Dalam sambutannya, Wabup mengatakan, Barito Timur merupakan salah satu lumbung pangan di Kalimantan Tengah yang menghasilkan beras, jagung, ayam dan telur.

Karena itu dia berharap potensi tersebut terus dikembangkan sehingga kelak daerah ini dapat menjadi penyanggah utama logistik pangan ibu kota negara yang baru.

"Kita berharap pandemi ini segera berakhir agar perekonomian kita termasuk sektor pertanian kembali bertumbuh," kata Wabup.

Sementara itu, Camat Raren Batuah, Amrullah menjelaskan pengembangan jagung pakan di Desa Malintut selaras dengan program Pemkab Barito Timur terkait ekonomi kerakyatan dan ketahanan pangan.

Dia berharap pengembangan jagung pakan itu dapat berhasil dengan baik sehingga menjadi percontohan bagi KWT yang lain.

"Nanti kalau rencana pembangunan pabrik pakan ternak di Kecamatan Raren Batuah terealisasi, akan semakin memudahkan masyarakat menjual hasil panen dengan harga yang juga tinggi," kata Amrullah.

Penanaman jagung pada KWT Bamanja merupakan program pemberdayaan masyarakat yang digulirkan oleh Pemdes Malintut. Untuk program ini pemdes mengalokasikan dana desa sebesar Rp 9,75 juta, dengan areal tanam jagung seluas 2 hektare.

Sumber: BORNEONEWS