Blog •  08/02/2021

Warga Binaan Lapas Lubuk Basung Dibekali Ilmu Bertanam Jagung

© Covesia/johan
© Covesia/johan

Covesia.com - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Padang Lansano, Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) latih Warga binaan cara bertanam jagung.

Kepala Lapas Klas II B Padang Lansano, Suroto mengatakan, untuk pertanian ini pihaknya melibatkan 10 orang warga binaan yang mengolah lahan seluas 1 hektar. 

"Ini merupakan bagian dari upaya memberdayakan warga binaan agar mereka produktif dan kreatif memiliki kesibukan sehingga energi mereka menjadi positif," ujarnya saat panen bersama dengan warga binaan, Minggu (7/2/2021).

Dijelaskan Suroto, pengembangan tanaman jagung ini sudah dilaksanakan selama 3 kali, dengan mendatangkan penyuluhan dari luar. 

"Sejauh ini, kegiatan yang dilakukan diperkebunan memiliki manfaat yang signifikan, bagi LP maupun kepada warga binaan. Bagi LP ini merupakan kewajiban pembinanaan, dan pendapatan akan diberikan kepada negara menjadi penerimaan negara bukan pajak (BNBP)," katanya lagi.

Selain memberikan pengetahuan dalam bercocok tanam, pihaknya juga membekali warga binaan tentang cara pengelolaan ikan, menjahit, beragam keterampilan serta budidaya jeruk.

"Pada masa mendatang kita akan memanfaatkan lahan-lahan tidur lebih luas lagi. Paling tidak nanti LP memiliki 10 hektar lahan yang bisa dimanfaatkan. Lahan itu bisa saja milik masyarakat, yang ditanami dengan pola pinjam pakai," tutup Suroto. 

Sumber: Covesia