Blog •  2020-03-03

Waspada Serangan OPT Padi saat Musim Hujan

Beberapa waktu belakangan ini, Indonesia memiliki curah hujan yang sangat tinggi, bahkan di beberapa wilayah hujan yang lebat telah menyebabkan banjir.

Keberadaan hujan ini sebenernya sangat ditunggu-tunggu oleh para petani, terkhusus adalah para petani padi. Namun di lain sisi, musim hujan ini juga seringkali menyusahkan para petani karena keberadaan OPT yang mulai bermunculan untuk menyerang pertanaman padi.

Kira-kira serangan opt seperti apa saja yang akan mengintai tanaman padi saat musim hujan tiba? Berikut beberapa diantaranya.

Wereng

Hama wereng adalah hama utama tanaman padi lain yang sering menyerang di saat musim hujan. Hama wereng ada beberapa macam diantaranya yaitu wereng coklat, wereng hijau dan wereng loreng. Wereng ini menyerang tanaman padi mulai dari persemaian hingga padi mau dipanen dengan cara menghisap cairan yang ada pada bagian pelepah daun padi.

Sundep dan Beluk

Sundep dan beluk adalah sebutan untuk hama penggerek batang pada tanaman padi. Hama sundep menyerang pada tanaman padi ketika masih berada pada fase vegetatif, sementara beluk menyerang tanaman padi ketika sudah memasuki fase generatif.

Spesies dari hama penggerek yang aktif menyerang ini adalah Sesamia inferens. Sesamia inferens tersebut merusak dengan cara meletakan telurnya pada pelepah daun bagian dalam. Setelah telur menetas, larva-larva tersebut mulai memakan pelepah daun, kemudian menggerek masuk ke batang. Selanjutnya, memakan batang bagian dalam sehingga jaringan pembuluh batang terpotong.

Pengendalian yang efektif adalah menggunakan Perangkap Berferomon, Pengendali Hama Penggerek Batang Padi

Tikus

Tikus (Rattus argentiventer) adalah hama tanaman yang sering muncul pada saat hujan. Cara mengendalikan tikus yang paling efektif adalah dengan melakukan pengolahan tanah secara bersama-sama sebelum lahan tersebut belum ditanami.

Untuk pengendalian lainnya dapat dilakukan dengan Strategi Pengendalian Hama Tikus

Penyakit kresek

Sebelumnya Anda bisa membaca Penyakit Kresek pada Tanaman Padi

Penyakit kresek atau yang juga dikenal dengan Hawar Daun Bakteri (HDB) merupakan penyakit tanaman utama padi yang keberadaannya menjadi momok yang besar bagi petani. Penyakit ini biasa berkembang pada musim hujan ataupun musim kemarau yang basah. Bagian tanaman yang diserang adalah pada titik tumbuh dan daun bendera.

Kerusakan terberat terjadi apabila penyakit menyerang tanaman muda yang peka sehingga menimbulkan gejala kresek dan parahnya dapat menyebabkan kematian pada tanaman. Penyakit dapat terjadi pada semua stadia tanaman.

Pengendalian secara alami dapat menggunakan Corynebacterium sp., Bakteri Penolong Petani

Sumber: 8Villages