Blog •  13/03/2020

Yusmiati Mulkan Contohkan Pemanfaatan Lahan Pekarangan jadi Kebun Sayuran

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Ketua TP PKK Kabupaten Bangka, Yusmiati Mulkan, melakukan panen sayuran hasil kebun yang dikelola pihaknya bersama Dinas Pangan Kabupaten Bangka di pekarangan Samping Rumah Dinas (Rumdin) Bupati Bangka.

Dia mengatakan, kegiatan bertanam sayuran ini sendiri merupakan suatu bentuk edukasi kepada masyarakat agar bisa memanfaatkan perkarangan kosong di sekitar mereka menjadi lahan guna dan menghasilkan.

"Ini suatu bentuk pemanfaatan lahan kosong. Kalau ada lahan kosong, ayo kita manfaatkan sebaik mungkin," jelasnya kepada Bangkapos.com, Rabu (11/3/2020).

Yusmiati mengaku, sebelumnya ia juga sudah melakukan tanam buah semangka di lahan seluas kurang lebih setengah hektare (He) ini. Hasilnya pun terbilang sangat memuaskan.

"Panen semangkanya kemarin hampir 2 ton kalau gak salah. Rasanya juga manis dan merah teksture nya," ungkap istri dari Bupati Bangka, Mulkan, ini.

Sementara itu, terdapat dua jenis sayuran yang dipanennya hari ini bersama Dinas Pangan, Kabupaten Bangka, yakni jenis Sayur Sawi dan Kangkung. Semua hasil kebun ini pun langsung diserbu oleh para pegawai yang hadir dalam kegiatan panen sayur ini.

"Sementara cabai, jeruk kunci sama terong masih belum dipanen. Karena masih muda," ucapnya.

Untuk hasil panen sayuran itu, akan dimanfaatkan sendiri serta dijual dan hasilnya akan diberdayakan oleh PKK Kabupaten Bangka agar dapat kembali membeli bibit tanaman selanjutnya.

"Kita jual dulu, lalu kita beli bibit lagi. Ini sawi panennya 25 hari. Bagi semua masyarakat, kalau ada pekarangan yang kosong mendingan dimanfaatkan. Lumayan loh sawi itu pekilonya Rp 10 Ribu, kalau kangkung Rp 8 Ribu," pungkasnya.

Sumber: BANGKAPOS