Blog •  19/03/2020

5 Tips Menghindari Ulat Pada Sayuran, Praktis dan Mudah

© Image by Jerzy Górecki from Pixabay
© Image by Jerzy Górecki from Pixabay

Jika kamu pernah melihat ada ulat yang sedang merayap dalam sayuran, mungkin sekilas kita dapat berpikir bahwa sayuran tersebut mengandung gizi yang baik dan aman dari pestisida sehingga ulat pun tak ragu untuk memakan sayuran tersebut. Namun, tentu akan berbeda halnya bila kita menemukan ulat terdapat dalam makanan yang kita konsumsi. Selain akan terlihat menjijikkan, namun juga akan membuat kita kehilangan nafsu makan. Khususnya hal ini sering terjadi bila kita mengolah sayuran segar.

Untuk kamu yang bingung bagaimana cara menghilangkan ulat-ulat dari sayuran yang akan diolah agar tetap aman untuk dikonsumsi. Berikut lima cara terbaiknya. 

1. Perhatikan saat baru memilih sayur

Meskipun ulat yang terdapat pada sayuran biasanya memiliki ukuran yang mungil, namun setidaknya perhatikanlah terlebih dahulu sayuran yang akan kamu beli. Apakah terdapat banyak lubang yang dihasilkan dari ulat-ulat atau justru tampak layu dan tidak segar. Tentunya dengan memperhatikan hal tersebut, dapat meminimalisir kemungkinan adanya ulat di sayuran. 

2. Cuci bersih di air mengalir

Jangan lupa untuk melakukan langkah yang satu ini. Meski terdengar sepele hanya dengan mencucinya di bawah air mengalir, namun tetap saja banyak orang yang mencuci secara asal hingga ulat yang mungkin terdapat pada sayuran tidak dapat ikut terbawa air. Oleh sebab itu, pastikan setiap sela dari sayuran telah kita bilas secara baik untuk mengurangi kemungkinan terdapat ulat.

3. Rendam dengan air cuka

Cara yang satu ini dapat dibilang cukup ampuh dalam menghilangkan ulat serta zat kimia lain seperti pestisida yang ada di dalam sayuran. Meskipun akan menghasilkan aroma yang tidak sedap sebab cuka yang digunakan, namun cukup dua sdm cuka saja sudah mampu memberikan manfaat yang ampuh dalam mengusir kotoran dari sayuran. Namun, jangan lupa untuk membilas sayuran hingga bersih sesaat setelah merendamnya di dalam air cuka selama beberapa menit. 

4. Rendam dengan air garam

Dengan proses perendaman yang mirip seperti penggunaan cuka, kamu dapat memilih garam sebagai opsi lain untuk membersihkan sayuran dari ulat dan larva. Kandungan garam ternyata ampuh dalam mengusir kotoran sekaligus ulat pada sayuran sehingga sangat direkomendasikan bagimu, apalagi dengan eksistensi garam yang hampir semua orang memilikinya di dapur. Jangan lupa untuk membilasnya di bawah air mengalir sesaat setelah merendam sayuran di air garam. 

5. Rendam dengan baking soda

Selain garam dan cuka, ternyata baking soda juga ampuh dalam menghilangkan residu kotoran yang terdapat pada sayuran. Cukup dua sendok makan saja dan biarkan sekitar 15 menit, maka kamu dapat langsung menikmati hasil memuaskan dari sayuran yang telah bersih dari kotoran. Jangan lupa untuk membilasnya kembali dan barulah sayuran dapat diolah.

Nah, 5 tips membersihkan ulat dari sayuran di atas semoga dapat menjadi informasi bagi kamu agar lebih ekstra hati-hati dalam mengolah sayuran. Penasaran ingin mempraktikannya? 

Sumber : IDN Times