Blog •  17/11/2021

Budidaya Tanaman Jagung Jadi Pilihan Petani di Kawali Ciamis

© Edji/HR
© Edji/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Budidaya tanaman jagung di lahan tadah hujan dilakukan secara serempak oleh para petani di Dusun Babakan, Desa Sindangsari, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Selasa (16/11/2021).

Hal itu mereka lakukan sebagai upaya pemanfaatan lahan tadah hujan sekaligus untuk meningkatkan pendapatan ekonomi keluarga.

Mamat, salah seorang petani mengatakan, dalam upaya pemanfaatan lahan tadah hujan yang ada di wilayahnya, para petani serempak melakukan budidaya tanaman jagung.

“Minat petani kini beralih untuk menanam jagung. Selain tidak terlalu rumit dalam pola tanamannya, juga karena faktor harga jagung yang relatif stabil. Harga jual yang stabil tentunya dapat meningkatkan pendapatan,” ungkapnya.

Menurut Mamat, jika petani hanya mengandalkan tanaman padi, maka pasokan air untuk lahan sawahnya harus betul-betul normal. Faktor itulah yang membuat para petani tertarik untuk menanam jagung.

Petani lainnya, Andri menambahkan, ketertarikan dan semangat para petani untuk melakukan budidaya tanaman jagung. Karena tersedianya obat di pasar dan harga yang stabil.

Selain itu, waktu tanamannya juga lebih cepat dan tidak ada lagi biaya yang harus mereka keluarkan pada saat panen. Sehingga tak heran jika kaum ibu pun turut serta berlomba-lomba menanam jagung.

Sumber: Harapan Rakyat