Blog •  30/12/2021

Cara Menanam Kentang di Polybag, Lengkap dari Pemilihan Bibit hingga Langkah Perawatan

© shutterstock
© shutterstock

Suara.com - Kentang merupakan salah satu sumber karbohidrat yang cukup populer di Indonesia, karena rasanya yang enak dan mudah diolah. Selain membelinya di pasar dan supermarket, Anda juga bisa mendapatkan kentang dari hasil panen sendiri berkat cara menanam kentang yang tergolong mudah.

Tidak diperlukan lahan yang luas, kentang dapat dibudidayakan dalam sebuah polybag. Dilansir dari laman cybex pertanian, berikut cara menanam kentang di polybag.

Pemilihan Bibit Kentang

Ini adalah tahapan penting dalam menanam kentang. Jadi, pastikan bahwa bibit yang Anda gunakan dalam keadaan yang utuh, tidak cacat.

Selain itu, akan lebih baik lagi jika sudah memiliki tunas 3-5 dengan tinggi mencapai 2 cm atau paling tidak telah disimpan selama 4 bulan.

Pemilihan Polybag

Polybag yang tepat untuk menanam kentang setidaknya berukuran 50 cm x 80 cm dan sesuaikan dengan banyaknya kentang yang ingin dibudidayakan. Setelah itu, jangan lupa untuk melubangi polybag sebanyak 3-4 lubang untuk sistem drainase yang baik.

Media tanam

Dalam budidaya kentang, gunakan media tanam berupa campuran tanah humus dengan pupuk kompos.

Cara Menanam Kentang dengan Polybag

  • Masukkan media tanam berupa tanah humus dan pupuk kompos sampai setinggi 20 cm-30 cm memenuhi polybag.
  • Tanam bibit kentang ke dalam media tanam sampai kedalaman 7 cm dengan posisi tunas menghadap ke atas.
  • Gunakan setidaknya 3 sampai 4 bibit kentang dalam 1 polybag.
  • Bibit kentang dalam polybag siap dibudidayakan.

Perawatan Kentang

Setelah menanam kentang, jangan lupa untuk melakukan perawatan jika tidak ingin bibit kentang mati begitu saja. Usai 10 hari sejak ditanam, biasanya bibit kentang sudah menunjukan pertumbuhan, namun masih bisa dibiarkan di dalam polybag.

Setelah 1 bulan, umbi akan bertumbuh lebih besar. Untuk menghindari sinar matahari secara langsung, tambahkan media tanam hingga menutupi umbi.

Umbi kentang yang terkena sinar matahari berlebih akan berubah warna menjadi kehijauan dan dapat beracun. Lakukan penyiraman pada bibit kentang setiap hari atau ketika media tanam di dalam polybag terlihat mulai mengering.

Selain itu, lakukan pemupukan dengan memberikan pupuk cair maupun padat. Pilihlah pupuk cair dengan komposisi N dan P yang seimbang. Sedangkan untuk pupuk padat, gunakan pupuk TSP dan urea dengan perbandingan 1:1 dengan dosis 16gr/polybag. Jangan lupa untuk menyiram kentang setelah diberi pupuk padat supaya pupuk cepat larut dan diserap tanaman.

Itulah beberapa langkah dan cara menanam kentang di polybag. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat

Sumber: Suara