Blog •  30/11/2020

Penyuluh Bartim Dampingi Petani Tanam Jagung Pakan Ternak

Something went wrong. Please try again later...
© Foto : istimewa
© Foto : istimewa

REPUBLIKA.CO.ID, BARITO TIMUR -- Pemerintah Kabupaten Barito Timur (Pemkab Bartim) di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) yang berupaya keras mengembangkan tanaman jagung pakan ternak. Kegiatan penanaman dilakukan terpadu di seluruh Bartim, termasuk Desa Telang Lama, Kecamatan Paju Epat. 

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian - Kementerian Pertanian RI (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi kerapkali mengingatkan penyuluh agar berperan aktif meningkatkan produksi pangan melalui keilmuan yang ditransfer kepada petani.

"Penyuluh itu otaknya petani. Kalau petani pintar berarti penyuluhnya pintar. Kalau petani pintar, berarti dia mampu meningkatkan produkivitasnya. Keberhasilan pertanian adalah meningkatkan produktivitas, yang bisa tercapai kalau penyuluhnya pintar," kata Dedi Nursyamsi tiap kali jumpa petani dan penyuluh via virtual meeting di Agriculture War Room (AWR) maupun kunjungan kerja.

Dia juga mengingatkan penyuluh untuk mengoptimalkan tugas, fungsi dan peran Balai Penyuluhan Pertanian pelaksana Komando Strategis Pembangunan Pertanian (BPP KostraTani) sebagai pusat konsultasi agribisnis di tingkat kecamatan, locust pembangunan pertanian.

Hal itu sejalan instruksi dan arahan Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo bahwa dinamika lapangan mengacu potensi daerah, diketahui kendala dan tantangannya, seperti halnya pengembangan jagung pakan ternak di Bartim, sinergi Pemkab bersama petani dan penyuluh.

"Kementan menyiapkan kelembagaan KostraTani di BPP koneksi online ke AWR. KostraTani berperan vital, atasi tantangan dan kendala lapangan. Bisa pula memutus rantai pasok yang rugikan petani," kata Mentan Syahrul.

Kegiatan menanam jagung pakan ternak Bartim dipimpin Kepala Dinas Pertanian Pemkab Bartim, Trikorianto seperti di Desa Telang Lama, Kecamatan Paju Epat.

Koordinator BPP KostraTani Paju Epat, Lukmanul Chakim melaporkan bahwa kegiatan penanaman bertujuan meningkatkan produksi jagung pakan ternak, juga bentuk pengembangan ekonomi kerakyatan, sehingga bermanfaat bagi warga setempat.

"Penyuluh berupaya mengajak masyarakat memanfaatkan lahan yang ada, dengan menanam tanaman produktif yagn bernilai ekonomis bagi petani dan penghasilan keluarganya," kata Lukmanul Chakim.

Kegiatan penanaman jagung komposit ternak dihadiri Camat Paju Epat, Priadi; Komandan Koramil Paju Epat, Kapten Inf Mohammad Kasan; Ketua KTNA Paju Epat, Arbahawino dan Kasie Ketenagaan Penyuluhan Distan Bartim, Nursam.

"Keterlibatan sejumlah pihak terkait, untuk menggugah dan memberi contoh bagi masyarakat agar dapat memanfaatkan lahan mereka secara baik dan benar. Jangan dibiarkan menjadi lahan tidur yang tidak produktif," kata Lukmanul Chakim.

Sumber: REPUBLIKA